Web-based Information System Design of Karang Taruna with Design Thinking Method Approach

(Case Study: Karang Taruna Haur Galur)

  • Dikdik Musfar Pribadi Politeknik Piksi Ganesha
  • Falaah Abdussalaam Politeknik Piksi Ganesha
  • Jaenal Arifin Politeknik Piksi Ganesha
Keywords: Information system, Karang Taruna, web, design thinking, data

Abstract

Abstrak

Karang Taruna Haur Galur berperan aktif dalam kesejahteraan sosial masyarakat di wilayah Kelurahan Sukagalih. Mulai dari menggerakkan Pemuda Unit hingga pemberdayaan UMKM Kelurahan Sukagalih melalui Program Kerja “Koperasi Serba Usaha”. Karang Taruna Haur Galur memiliki 14 Buku wajib, diantaranya 12 buku isian dan 2 buku pedoman. Banyak data yang dimiliki oleh Karang Taruna Haur Galur belum terstruktur dan tidak memiliki basis data yang terintegrasi. Hal ini mengakibatkan ketidakteraturan pada penyimpanan data, juga rawan terjadi redundansi data. Generasi yang belum tergabung dengan Karang Taruna merasa bahwa informasi tentang Karang Taruna Haur Galur belum merata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbarui sistem perekaman data, media penyambung informasi antara Karang Taruna Haur Galur dan Masyarakat Kelurahan Sukagalih, serta menarik minat pemuda untuk bergabung dengan Karang Taruna Haur Galur dengan merancang sistem informasi berbasis web. Pada perancangan ini peneliti menggunakan metode design thinking. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara langsung kepada pengguna, yang membantu memperoleh informasi mengenai kebutuhan pengguna akan komponen pembangun yang dibutuhkan. Pada akhirnya Karang Taruna Haur Galur dapat mengorganisir data yang dimiliki dan di sisi lain mendapatkan wawasan serta ketertarikan yang lebih luas.

Abstract

Karang Taruna Haur Galur plays an active role in the social welfare of Sukagalih Urban Village. Starting from mobilizing the Youth Unit also empowering UMKMs in Sukagalih Urban Village through the Work Program "Koperasi Serba Usaha". Karang Taruna Haur Galur owns 14 compulsory books, including 12 filling books and 2 manuals. The data organized by Karang Taruna Haur Galur is unstructured and yet to have an integrated database. This resulted in an irregular data storage and is also prone to data redundancies. Generations who have not joined Karang Taruna stated that information about Karang Taruna Haur Galur has not been well distributed. The purpose of this research is to improve the data recording system, media of information that connects Karang Taruna Haur Galur and Sukagalih Urban Village Society, also attracting the youth to join Karang Taruna Haur Galur by designing a web-based information system. This web-based information system uses the design thinking method. The research is conducted using direct observations and interviews to the users, as it will help to acquire information on the user's needs for the required building components. Eventually, Karang Taruna Haur Galur is able organize their data as well as gaining broader insights and engagement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Republik Indonesia, “peraturan menteri sosial republik indonesia nomor 25 tahun 2019,” 2019.

dinas sosial daerah istimewa yogyakarta, panduan pemutakhiran data pmks dan psks tahun 2019. 2019.

republik indonesia, “peraturan menteri sosial republik indonesia nomor 8 tahun 2012,” 2012.

republik indonesia, “peraturan menteri sosial republik indonesia nomor 28,” 2018.

t. B. P. Regen and p. T. Rapiyanta, “sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Karang Taruna (SIPEKATAR) Naralatu Agantuka Berbasis Website,” Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIV Tahun 2019 (ReTII), 2019.

F. Akbar and S. Setiaji, “rancang bangun sistem informasi karang taruna menggunakan metode waterfall,” vol. VIII, no. 1, 2020, [Online]. Available: www.bsi.ac.id

C. Rizki and A. Setiawan, “perancangan sistem informasi event karang taruna ujung menteng cakung,” 2020.

H. Jurnal and N. Durahman, “Kas online karang taruna cipasung,” jutekin, vol. 6, no. 2, 2018.

R. Febriana Kesuma and L. Halim, Pemanfaatan Sistem Informasi Untuk Pembuatan Laporan Keuangan Karang Taruna Desa Petungsewu. 2020.

E. Woolery, “Design Thinking Handbook,” 2019.

B. P. Widodo and H. D. Purnomo, “perancangan aplikasi pencarian layanan kesehatan berbasis html 5 geolocation,” jurnal sistem komputer, vol. 6, no. 1, pp. 2087–4685, 2016.

F. Luthfi, “Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID,” 2017.

W. Istiono, H. #2, and S. #3, “Pengembangan Sistem Aplikasi Penilaian dengan Pendekatan MVC dan Menggunakan Bahasa PHP dengan Framework Codeigniter dan Database MYSQL pada Pahoa College Indonesia,” 2016.

S. Doorley, S. Holcomb, P. Klebahn, K. Segovia, and J. Utlet, Design Thinking Bootleg. 2018. Accessed: Jul. 16, 2021. [Online]. Available: https://dschool.stanford.edu/resources/design-thinking-bootleg

S. Doody, “starter questions for user research,” 2016. Accessed: Jul. 17, 2021. [Online]. Available: https://projects.iq.harvard.edu/files/harvarduxgroup/files/ux-research-guide-sample-questions-for-user-interviews.pdf

R. Costa, “The design thinking proccess for better UX design,” Mar. 26, 2019. https://www.justinmind.com/blog/design-thinking-process-ux-design/ (accessed Jul. 17, 2021).

A. Andre and H. Dinata, “Interaction Design to Enhance UX of University Timetable Plotting System on Mobile Version,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Sep. 2018, vol. 407, no. 1. doi: 10.1088/1757-899X/407/1/012174.

R. Wolniak, “the design thinking method and its stages,” 2017.

C. B. Nandita Gupta, “Exploring the Experiences of UX Professionals in Accessibility,” The Journal on Technology and Persons with Disabilities, vol. 9, pp. 201–212, 2021, [Online]. Available: www.loc.gov/issn

K. Hapsari and Y. Priyadi, “Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0,” jurnal sistem informasi bisnis, vol. 7, no. 1, p. 66, May 2017, doi: 10.21456/vol7iss1pp66-72.

A. Mohammad Kasra Habib, “On the Automated Entity-Relationship and Schema Design by Natural Language Processing,” The International Journal of Engineering and Science (IJES), pp. 23–42, 2019, doi: 10.9790/1813-0811034248.

B. Adam, K. Blake, P. Kun, and B. Adam Camburn, “design prototyping of systems,” 2017.

D. Ahrizal, M. Khaerul Miftah, R. Kurniawan, and T. Zaelani, “Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Peminjaman PlayStation dengan Teknik Boundary Value Analysis Menggunakan Metode Black Box Testing,” vol. 5, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika73

H. H. Batubara, “Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di prodi pgmi uniska muhammad arsyad al banjari,” Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 8, no. 1, 2016, [Online]. Available: https://www.Google.com/intl/id/forms/about/

Published
2021-10-23
How to Cite
Dikdik Musfar Pribadi, Falaah Abdussalaam, & Jaenal Arifin. (2021). Web-based Information System Design of Karang Taruna with Design Thinking Method Approach : (Case Study: Karang Taruna Haur Galur). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(2), 133-146. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v12i2.7493
Abstract viewed = 589 times
PDF downloaded = 321 times