Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah yang ditulis harus berkaitan dengan bidang ilmu syariah dan ilmu hukum.
  • Naskah merupakan artikel asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil kajian atau penelitian dalam bentuk format file Ms.Word
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

BENTUK NASKAH

Jurnal Gagasan Hukum menerima naskah/tulisan, baik dalam bentuk artikel hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat (research and community development papers), artikel ulasan (review), dan resensi buku (book review), baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Penulis yang akan menyerahkan naskah ke redaksi jurnal Gagasan Hukum harus memperhatikan persyaratan umum di bawah ini.

  1. Naskah yang ditulis harus berkaitan dengan bidang ilmu syariah dan ilmu hukum.
  2. Naskah merupakan artikel asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil kajian atau penelitian.
  3. Naskah disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris (bilingual).
  4. Naskah disertai keywords dalam bahasa Inggris.
  5. Pengiriman naskah disertai biodata penulis, seperti nama lengkap, bidang kepakaran, alamat instansi (afiliasi), dan alamat surat elektronik (email).
  6. Naskah dikirim ke sekretariat redaksi di: jurnalgagasanhukum@unilak.ac.id atau dialamatkan kepada Redaksi Jurnal Gagasan Hukum
  7. Naskah yang masuk akan diseleksi oleh dewan redaksi. Jika dianggap perlu, naskah akan disunting melalui konsultasi dengan penulisnya.
  8. Naskah yang diterima, selanjutnya akan ditelaah atau di-review oleh reviewer/mitra bestari yang kompeten di bidangnya.
  9. Pemberitahuan naskah diterima atau ditolak, paling lama 1 minggu setelah naskah direview. Apabila lebih dari 1 minggu belum ada konfirmasi dari redaksi, penulis berhak menghubungi dewan redaksi untuk memastikan status naskah.

 

ETIKA PENULISAN

Jurnal Gagasan Hukum adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali setahun, memuattulisanberkenaan dengan kajian ilmu syariah dan ilmu hukum, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tulisan harus diikuti oleh pernyataan keaslian, bahwa karya asli penulis, bukan merupakan hasil plagiasi dari karya orang lain, serta belum pernah dan/atau tidak sedang dalam proses publikasi di media lain, yang dinyatakan dalam sebuah surat pernyataan di atas materai Rp. 6000,-
  2. Jumlah halaman antara 20-25 halaman, ukuran kertas standar UNESCO yaitu A4 (210 x 297 mm) dengan spasi ganda. Margin kiri 4 cm, atas 4 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3
  3. Tulisan yang masuk dilengkapi biodata penulis, meliputi: nama penulis (harus tanpa gelar akademis atau indikasi jabatan dan kepangkatan), alamat lembaga tempat kegiatan penelitian dilakukan (nama lembaga, alamat dan kode pos, nama negara) sebagai pemegang hak kepemilikan atas tulisan, dan penulis korespondensi (alamat e-mail) secara jelas.
  4. Tulisan yang dikirim ke redaksi Gagasan Hukum wajib mengikuti pedoman penulisan (gaya selingkung) Gagasan Hukum melalui berkas elektronik (template) Gagasan Hukum yang telah disediakan.

Tulisan yang telah diserahkan dan diterima oleh pihak redaksi menjadi hak redaksi, dan redaksi berhak merubah tulisan tanpa mengurangi makna tulisan.

Privacy Statement

All publications by Jurnal Gagasan Hukum [p-ISSN: , e-ISSN: ]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.