Upaya Penegakan Hukum Terhadap Kasus Pencurian Di Yayasan Taman Mahatma Gandhi Denpasar Bali

  • Elias Bertolomeus Neu Roga Universitas Katolik Widya Mandira
  • Nataly Silviana Dewi Universitas Katolik Widya Mandira
  • Finsensius Samara Universitas Katolik Widya Mandira
Keywords: Upaya Penegakan Hukum, Pencurian, Tindak Pidana

Abstract

Meningkatnya angka pengangguran menjadi salah salah satu poin utama bagaimana bisa terjadi satu tindak kejahatan pidana, dimana tindakan kejahatan sendiri merupakan suatau tindakan yang melanggar aturan yang sudah diatur dalam hukum suatu negara. Dimana tindakan kejahatan pidana yang sering terjadi tersebut berupa, pencurian, perampokan, pembunuhan dan tindak kejahatan pidana lainnya. Pencurian merupakan salah satu tindak kejahatan pidana yang berupa pengambilan barang milik orang lain secara keseluruhan atau sebagian dengan cara melanggra hukum. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini berupa penelitian deskriptif yang menggunakan studi literatur untuk membandingkan data kondisi sebenarnya dengan data dari penelitian-penelitian sebelumnya. Terdapat beberapa pembagian pencurian yakni pencurian biasa, pencurian berat atau berkualifikasi, pencurian ringan, dan pencurian dengan kekerasan atau dengan acamana kekerasan. Dalam melakukan tindak pidana pencurian ini, terdapat beberapa faktor pemicu terjadinya suatu tindak pidana pencurian, baik karena faktor yang ditimbulkan dari dalam diri maupu faktor yang timbul dari luar yang mengakibatkan orang melakukan tindak pidana pencurian ini. Selain faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian upaya dalam penegakan kasus pencurian ini juga harus ditilik lebih mendalam lagi, bagaimana para pemegang kebijakan mengadili pelaku dan memberikan keadilan bagi korban tindak pidana pencurian ini dan bagaimana adanya upaya preventif dan represif digunakan dalam penyelesain kasus ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prof. Dr. Soekanto, Soerjono. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. Jakarta: Rajawali Press, 1983.

"UPAYA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN TERHADAP PENGENDARA BERMOTOR".

M. T. I. N. A. Z. Utami, "Faktor-Faktor Penyebab Tindak Pidana Pencurian Listik (Studi Di Pln Rayon Kota Malang Dan Polres Malang Kota)".

L. Triadi, "Tindak Pidana Pencurian Di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus: Di Polsek Keluang)," 2015.

Supriadin, "Manajemen Preventif Pondok Pesantren Al Ikhlas Muhammadiyah Bima Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Di Kota Bima," 2020.

J. L. Suprema, "Upaya Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan Terhadap Pengendara Bermotor Roda Dua Di Kota Balikpapan".

S. L. A. G. Y. Sunnuwati, "Analisis Fiqhi Jinayah Terhadap Tindak Pidana Pencurian Akibat Game Online Dominos Island (Studi Putusan Nomor. 12/Pid.B/2022/Pn)," DELICTUM, 2023.

Sanyoto, "PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA," 2008.

M. A. RAMADHAN, "PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK KASUS PENCURIAN DI DESA BERLIAN KECAMATAN SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN (STUDI KASUS DI SUNGAI LILIN)," 2021.

M. A. Ramadhan, "Penegakan Hukum Terhadap Tindak Kasus Pencurian Di Desa Berlian Kecamatan Sungai Lilin Musi Banyuasin (Studi Kasus Di Sungai Lilin)," 2021.

F. I. O. A. Mansah, "Penegakan Hukum Terhadap Pencurian Kendaraan Bermotor Berdasarkan Pasal 362 Kuhp Di Wilayah Kepolisian Bandar Lampung," 2023.

Z. Lukman, "Faktor-Faktor Dan Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor (Studi Kasus Polresta Banda Aceh)".

G. P. GINTING, "PENEGAKAN HUKUM OLEH POLRI TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KEKERASAN DI KABUPATEN SLEMAN," 2015.

R. D. A. Y. R. M. Bunga Indah, "Artikel Upaya Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan Terhap Bermotor Roda Dua di Kota Balikpapan," Lex Suprema, vol. III, 2021.

R. D. A. Y. R. M. Bunga Indah, "Artikel UPAYA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN TERHADAP PENGENDARA BERMOTOR RODA DUA DI KOTA BALIKPAPAN," Lex Suprema, vol. III, 2021.

F. ARTINA, "STUDI TENTANG TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN GENG MOTOR DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PADA POLRESTABES MAKASSAR)".

S. S. L. Arjun Gunawan Yusti, "Analisis Fiqhi Jinayah Terhadap Tindak Pidana Pencurian Akibat Game Online Dominos Island (Studi Putusan Nomor. 12/Pid.B/2022/Pn.” DELICTUM, 2023. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/delictum/index.," 2023.

D. Aliffia, "TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR DALAM TIGA PERSPEKTIF," vol. 1, 2023.

D. Aliffa, "Tindak Pidana Pencurian yang dilakukan oleh Anak dibawah Umur dalam Tiga Prespektif," vol. 1, 2023.

U. D. R. Dien Nabila Naziva, "Upaya Kepolisian dalam Menanggulangi Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor dengan Pemberatan dan Kekerasan," PAMPAS journal of Criminal Law, vol. 2, 2021.

I. N. G. S. I. M. M. W. I Putu Aris Wiradinata, "PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS DI POLSEK BLAHBATUH, KABUPATEN GIANYAR)," Jurnal Kontruksi Hukum, vol. 4, 2023.

M. K. J. A. I Gusti Ayu Sri, "Pencurian Disertai Kekerasan dalam Pandangan Ilmu Kriminologi," Jurnal Kewarganrgaraan, vol. 6, 2022.

S. Soerjono, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, Jakarta: Rajawali Press, 1983.

Published
2024-06-30
How to Cite
Elias Bertolomeus Neu Roga, Nataly Silviana Dewi, & Finsensius Samara. (2024). Upaya Penegakan Hukum Terhadap Kasus Pencurian Di Yayasan Taman Mahatma Gandhi Denpasar Bali. Jurnal Gagasan Hukum, 6(01), 30-46. https://doi.org/10.31849/jgh.v6i01.18780
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times