Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruhi penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan tegar pada kelas XI MIPA1 di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dua siklus diperoleh hasil bahwa: Penerapan model pembelajaran PjBL sangat membantu siswa mampu menganalisis suatu masalah dan menemukan langkah-langkah untuk menyelesaikannya dengan menggunakan nalarnya untuk lebih meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan terhadap siswa pada siklus 1 diperoleh skor sebesar 70,88 dalam kategori cukup, kemudian meningkat di siklus 2 sebesar 81,27 dalam kategori baik