Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Hasil Belajar Siswa Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Bagaimana minat dan dorongan siswa untuk belajar mempengaruhi hasil prestasi mereka dalam bahasa Indonesia?. 2) Bagaimana semangat belajar murid mempengaruhi hasil luaran mereka dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia? 3) Bagaimana keinginan siswa mempengaruhi hasil luaran belajar Bahasa Indonesia? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru dengan partisipasi 66 siswa kelas VII. Survei dengan analisis korelasional dan regresi digunakan sebagai pendekatan penelitian. Strategi random sampling digunakan untuk mengambil sampel. 1) keinginan belajar dan dorongan belajar dilakukan bersamaan mempunyai luaran yang signifikan pada keberhasilan studi bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru, berdasarkan hasil penelitian. Value Sig sebesar 0,000 0,05 dan Fh = 15,247 menunjukkan hal tersebut. 2) Di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru keinginan belajar siswa memiliki pengaruh besar pada prestasi belajar bahasa Indonesia. Value Sig sebesar 0,000 0,05 dan th = 3,733 mendukung hal tersebut. 3) SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru untuk keinginan belajar memiliki dampak yang cukup luar biasa untuk kinerja belajar bahasa Indonesia siswa. Nilai Sig sebesar 0,015 0,05 dan th = 2,498.