Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 Pada Materi Penyelenggaraan Jenazah SMA Negeri 1 Kunto Darussalam

  • Rohana

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian aktivitas kelas yang menggunakan pendekatan bulat. Proses ini terbentuk dari dua putaran, dimana setiap putaran mempunyai empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapannya dilakukan sebanyak dua kali dalam kurun waktu Juli – Desember 2022. Model Pembelajaran Discovery Learning diterapkan pada kedua putaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang teori Manajemen Tubuh pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukkan perkembangan yang positif, dimana pada Putaran 1 dari 27 siswa beragama Islam, 16 siswa (59,26%) telah mencapai standar ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa lainnya (40,71%) belum mencapai standar tersebut. Tingkat ketercapaian materi oleh siswa mencapai 72,4% pada Putaran 1. Pada Putaran 2 terjadi peningkatan lebih lanjut, dimana 22 siswa (85,71%) mencapai standar ketuntasan belajar dan 5 siswa (14,29%) aktif dalam pembelajaran. Prestasi belajar pada Putaran 2 mencapai 81,23%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Learning dapat merangsang hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 pada topik Pelayanan Pemakaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-30
How to Cite
Rohana. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 Pada Materi Penyelenggaraan Jenazah SMA Negeri 1 Kunto Darussalam. Jurnal Lingkar Pendidikan , 2(3), 89-95. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16489
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 6 times