Pemberian Reward Pin Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Pembiasaan Literasi Siswa SMPN 11 Pekanbaru

  • Erna Daharni SMPN 11 Pekanbaru
Keywords: literasi, peneliti tindakan sekolah, sekolah, siswa

Abstract

Literasi dalam pendidikan menjadi kunci penting bagi peserta didik, memainkan peran integral dalam pemahaman ilmu. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sejak 2019 di SMPN 11 Pekanbaru menerapkan kebijakan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Budaya literasi ditanamkan melalui pojok baca di setiap kelas dan berbagai kegiatan perpustakaan. Pada sebuah penelitian tindakan sekolah (PTS), pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara. Hasil analisis PTS menunjukkan bahwa pembiasaan berliterasi di lingkungan sekolah meningkat. Pemberian reward Pin Literasi terbukti efektif dalam meningkatkan pembiasaan berliterasi siswa. Pada siklus pertama, 54,92% siswa laki-laki dan 65% siswa perempuan memperoleh Pin Literasi. Pada siklus kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 85% dan 74,86%, masing-masing untuk siswa laki-laki dan perempuan. Secara keseluruhan, 79,25% siswa telah memperoleh Pin Literasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-05
How to Cite
Erna Daharni. (2024). Pemberian Reward Pin Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Pembiasaan Literasi Siswa SMPN 11 Pekanbaru. Jurnal Lingkar Pendidikan , 3(1), 15-19. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/18320
Abstract viewed = 0 times
PDF (ID) downloaded = 0 times