PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI MTs TAUFIQWALHIDAYAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Mariana Mariana
Keywords: ekspositori, media gambar, hasil belajar, gerak tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ekspositori
dengan menggunakan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi
gerak tumbuhan. Penelitian dilaksanakan di MTs Taufiq Walhidayah Pekanbaru semester
genap pada Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi
eksperimen pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Februari 2014 di MTs Taufiq Walhidayah Pekanbaru. Sampel penelitian adalah siswa kelas
VIII1 dan VIII2 dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang yang diambil dengan cara
teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan
lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa uji t independent 2 sample apabila data berdistribusi normal dan
homogen. Rerata N-gain kelas eksperimen adalah 0,78 kategori tinggi dan pada kelas
kontrol 0,21 kategori rendah. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ekspositori dengan
menggunakan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak
tumbuhan di MTs Taufiq Walhidayah Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-20
How to Cite
Mariana, M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI MTs TAUFIQWALHIDAYAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Lectura : Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v5i1.154
Section
Articles
Abstract viewed = 220 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)