PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEACHING GAME TEAM (TGT) DENGAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SIRKULASI DARAH DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU

  • Mariana Mariana
Keywords: Course Review Horay,Teaching Game Team, penguasaan konsep, sirkulasi darah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pembelajaran kooperatif
model (Teaching Game Team) TGT dengan (Course Review Horay) CRH terhadap
penguasaan konsep sirkulasi darah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November di SMP
Negeri 19 Pekanbaru kelas VIII Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only Pretest
Posttest Control group Design.. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII2
dengan jumlah siswa 33 dan kelas eksperimen VIII1 dengan jumlah siswa 33. Dalam
penelitian ini sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa
dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji-t independent 2
sample dan uji U-Mann Whitney. Rerata N-gain pada kelas eksperimen 0,75 (kategori tinggi)
dan pada kelas kontrol 0,49 (kategori sedang). Berdasarkan uji statistik terdapat perbedaan
yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan demikian data
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif model TGT dengan
CRH terhadap penguasaan konsep sirkulasi darah di kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-20
How to Cite
Mariana, M. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEACHING GAME TEAM (TGT) DENGAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SIRKULASI DARAH DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU. Lectura : Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v7i2.249
Section
Articles
Abstract viewed = 243 times
Pdf downloaded = 0 times