Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari

  • Rismawati Rismawati
  • Iriwi L.S. Sinon
  • Irfan Yusuf
  • Sri Wahyu Widyaningsih
Keywords: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya Keterampilan Proses Sains
(KPS) peserta didik untuk mata pelajaran fisika di SMK Negeri 02 Manokwari. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided
Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan The Matching Only Posttest Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 02 Manokwari
yang terdaftar sebagai peserta didik pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 13
kelas.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Otomotif A dan Otomotif B yang
ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan proses pengambilan sampelnya
berdasarkan kriteria tertentu. Kelas otomotif A merupakan kelas eksperimen yang diajar
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas Otomotif B
merupakan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran
konvensional.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
tes dan lembar observasi. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata persentase keterampilan
proses sains kelas eksperimen sebesar 69,34% sedangkan kelas kontrol 43,83%. Hasil
pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,236. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis tersebut makadapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Rismawati, R., Sinon, I. L., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.267
Abstract viewed = 381 times
Pdf downloaded = 0 times