Hubungan Gaya Kepemimpinan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMPN 2 Batang Anai

  • Nelfi Erlinda
Keywords: Gaya kepemimpinan orang tua, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang
Anai. Faktor penyebabnya ada yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. Faktor
yang berasal dari dalam diri siswa seperti malas belajar. Faktor luar diri siswa seperti faktor
lingkungan keluarga yang terdiri dari faktor orang tua, suasana keluarga, lingkungan keluarga,
kondisi keluarga yang tidak sehat atau broken home. Hal ini berpengaruh dalam proses belajar
dan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya
kepemimpinan orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai.Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IX
SMPN 2 Batang Anai yang terdaftar dalam tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah
semua kelas IX SMPN 2 Batang Anai. Teknik pengambilan sampel menggunakan total
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket atau kuesioner yang diberikan ke
siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi
dengan menggunakan uji chi kuadrat untuk melihat antara hubungan gaya kepemimpinan oramg
tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai. Berdasarkan analisis data
didapatkan dua gaya kepemimpimam yaitu otoriter dan demokratis. Hasil uji hipotesis diperoleh
X2
hitung< X2
tabel = 0,004 < 3,841 sehingga hipotesis Ho diterima pada taraf nyata 0,05 dan
hipotesis Hi ditolak. Jadi tidak ada hubungan yang berarti antara gaya kepemimpinan orang tua
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 2 Batang Anai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Erlinda, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMPN 2 Batang Anai. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.281
Abstract viewed = 326 times
Pdf downloaded = 0 times