Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa tentang Mikrobiologi melalui Pembelajaran Menggunakan Media Gambar

  • Mar’atul Afidah
Keywords: Miskonsepsi, Media Gambar, Mikrobiologi

Abstract

Pembelajaran mikrobiologi bersifat abstrak menyebabkan mahasiswa sulit memahami konsep sehingga memungkinkan terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat miskonsepsi mahasiswa pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning tentang pembelajaran mikrobiologi menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Unilak pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian berasal dari seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi yang terdaftar dan mengontrak mata kuliah Mikrobiologi pada semester 3. Teknik pemilihan sampel adalah dengan total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tentang konsep mikrobiologi yang berupa gambar. Bentuk instrument tes yang digunakan berupa tes tulis pilihan ganda yang dilengkapi dengan skala keyakinan menjawab soal berupa skala Certainty of Response Index (CRI) dengan skala 6 yaitu 0 sampai 5. Pengumpulan data dengan memberikan satu kali tes setelah pembelajaran menggunakan media gambar. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan  Teknik Certainty of Response Index. Hasil analisis data dapat diidentifikasi konsepsi yang terjadi pada mahasiswa yang dikelompokkan atas paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham tentang konsep mikrobiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 36,32% (Sedang) terjadi miskonsepsi terhadap media gambar materi mikrobiologi, dengan temuan tersebut diharapkan dapat menjadi bahan kajian untuk menerapkan metode dan sumber belajar serta media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran mata kuliah bidang studi Biologi lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-29
How to Cite
Afidah, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa tentang Mikrobiologi melalui Pembelajaran Menggunakan Media Gambar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 131-141. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3773
Abstract viewed = 239 times
PDF downloaded = 430 times

Most read articles by the same author(s)