Analisis Miskonsepsi Biologi Sel Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Lancang Kuning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa pendidikan
biologi tentang konsep biologi sel untuk pengembangan perbaikan proses pembelajaran
pada konsep biologi sel. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Unilak pada semester
genap Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi
yang mengontrak mata kuliah Biologi Sel Tahun Ajaran 2016/2017.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes konsepsi materi biologi sel,
berupa tes tulis pilihan ganda yang dilengkapi dengan skala keyakinan menjawab tes
berupa Certainty of Response Index.Tes dilakukan dua kali pada pretest dan
posttest.Data yang dianalisis berasal dari hasil tes pilihan ganda dengan menggunakan
Certainty ofResponse Index. Hasil analisis data dapat mengidentifikasi konsepsi yang
terjadi pada mahasiswa yang dikelompokkan atas paham konsep, miskonsepsi,tidak
paham konsep, dan menebak pada mata kuliah biologi sel. Hasil penelitian diketahui
bahwa terdapat kejadian miskonsepsi pada mahasiswa calon guru biologi pada konsep
biologi sel. Identifikasi yang dilakukan dengan menggunakan instrumen penguasaan
konsep biologi sel disertai skala Certainty of Response Index (CRI) dilakukan dua kali
yaitu dengan pretest dan posttest. Berdasarkan analisis CRI ditemukan seluruh
mahasiswa calon guru biologi mengalami miskonsepsi.Rata-rata miskonsepsi
mahasiswa sebesar 33,4% pada pretest dan 42,2% pada posttest, yaitu 631 kejadian
miskonsepsi dari 1075 kejadian konsepsi yang terjadi.