Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK

  • Sri Wahyuni
  • Reswita Reswita
Keywords: Kematangan emosi, Kemampuan bersosialisasi, Mahasiswa PG-PAUD

Abstract

Sebagai calon guru PAUD, mahasiswa PG-PAUD harus memiliki kematangan emosi. Halhal
yang berhubungan langsung dengan tingkat kematangan emosi mahasiswa adalah
lingkungannya, baik itu di rumah, masyarakat atau lingkungan akademik/kampus.
Bagaimana ia mampu menyesuaikan diri, bergaul atau bersosialisasi dengan lingkungan. Di
kampus, yang akan ditemui oleh Mahasiswa adalah teman sebaya selain Dosen dan personil
Kampus lainnya, sehingga Mahasiswa akan berusaha agar bisa diterima dengan baik oleh
teman-temannya. Oleh karena itu jika Mahasiswa bisa diterima baik oleh temannya maka ia
cenderung memiliki kestabilan emosi. Karena dengan diterimanya mahasiswa dalam
kehidupan teman sebayanya, maka bisa membantu Mahasiswa dalam mengembangkan
potensi dirinya dan bisa saling membantu antar sesama. Di duga kematangan emosi
memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan mahasiswa bersosialisasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa cukup baik kematangan emosi
nya yaitu 64% dari keseluruhan responden, selanjutnya 31% mahasiswa berada pada
kategori baik. Namun masih ada 5% mahasiswa yang kurang baik kematangan emosinya.
Tingkat sosialisasi mahasiswa di kampus berada pada kategori cukup baik yaitu sebanyak
66% , pada kategori baik yaitu 25% dan masih ada 9% mahasiswa yang memiliki
kemampuan bersosialisasi yang kurng baik. Indeks korelasi r hitung antara kematangan
emosi dengan sosialisasi mahasiswa diketahui sebesar 0.607 yang berarti lebih besar dari
0,05 sehingga H1 yang menyatakan terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan
sosialisasi mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK diterima. Dengan korelasi yang kuat.
hubungan cukup kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-20
How to Cite
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.351
Abstract viewed = 468 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>