Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK

  • Reswita Reswita Universitas Lancang Kuning
Keywords: manajemen, prokrastinasi akademik

Abstract

Mahasiswa yang mempunyai kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dapat ditunjukkan dengan perilaku disiplin, kreativitas, maupun etos kerja yang tinggi dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya selama mengikuti proses pembelajaran  di  perguruan  tinggi. Apabila seorang mahasiswa memiliki konsep belajar yang baik maka seorang mahasiswa tidak akan melakukan penundaan dalam melaksanakan kuliahnya. Namun sebagian mahasiswa masih melakukan penundaan dalam tugas akademiknya yang dikenal dengan prokrastinasi akademik. Banyak ahli berusaha memberikan penyelesaian bagi masalah prokrastinasi. Beberapa ahli atau penulis buku menyarankan penggunaan manajemen waktu. Dengan menerapkan manajemen waktu diharapkan ada manfaat yang bisa diperoleh oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK semester 6 tahun 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan  dianalisis menggunakan analisis korelasi dengan bantuan program  statistical package for  social sciences (SPSS) for windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik mahasiswa dengan taraf signifikansi 0,022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Muri Yusuf.2005. Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang: UNP Press.
Burka J., & Yuen, L. (2008). Procrastination is the thief of time. Diunduh 10 Februari, 2018, dari http://sas.calpoly.edu/asc/ssl/ procrastination.doc
Claessens, B., Van Eerde, W., Rutte, C., & Roe, R. (2007). A review of time management literature. Personnel Review, 36(2), 255-276.
Ferrari, J., Johnson, J., & McCown,W. (1995). Pro- crastination and task avoidance: Theory, research,and treatment. New York: Plenum Press.
Ghufron, M. N. 2003. Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik. Tesis.(tidak diterbitkan), Yogjakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Ghufron, M.N., & Risnawati, R.S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Reswita, R. (2017). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-81.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Surijah, E., & Sia, T. (2007). Mahasiswa versus tugas:Prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374.
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Wolters, C. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 3(1), 179-187.
Published
2019-04-29
How to Cite
Reswita, R. (2019). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 25-32. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2497
Section
Articles