Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK
Abstract
Mahasiswa yang mempunyai kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dapat ditunjukkan dengan perilaku disiplin, kreativitas, maupun etos kerja yang tinggi dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya selama mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi. Apabila seorang mahasiswa memiliki konsep belajar yang baik maka seorang mahasiswa tidak akan melakukan penundaan dalam melaksanakan kuliahnya. Namun sebagian mahasiswa masih melakukan penundaan dalam tugas akademiknya yang dikenal dengan prokrastinasi akademik. Banyak ahli berusaha memberikan penyelesaian bagi masalah prokrastinasi. Beberapa ahli atau penulis buku menyarankan penggunaan manajemen waktu. Dengan menerapkan manajemen waktu diharapkan ada manfaat yang bisa diperoleh oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK semester 6 tahun 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan analisis korelasi dengan bantuan program statistical package for social sciences (SPSS) for windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik mahasiswa dengan taraf signifikansi 0,022.
Downloads
References
Burka J., & Yuen, L. (2008). Procrastination is the thief of time. Diunduh 10 Februari, 2018, dari http://sas.calpoly.edu/asc/ssl/ procrastination.doc
Claessens, B., Van Eerde, W., Rutte, C., & Roe, R. (2007). A review of time management literature. Personnel Review, 36(2), 255-276.
Ferrari, J., Johnson, J., & McCown,W. (1995). Pro- crastination and task avoidance: Theory, research,and treatment. New York: Plenum Press.
Ghufron, M. N. 2003. Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik. Tesis.(tidak diterbitkan), Yogjakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Ghufron, M.N., & Risnawati, R.S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Reswita, R. (2017). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-81.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Surijah, E., & Sia, T. (2007). Mahasiswa versus tugas:Prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374.
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Wolters, C. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 3(1), 179-187.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.