Pengaruh Permainan Memancing Ikan terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru

  • Reswita Reswita Universitas Lancang Kuning
  • Witrimus Universitas Lancang Kuning
Keywords: Permainan Memancing Ikan, Kemampuan Berhitung, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing ikan terhadap kemampuan berhitung anak usia 5–6 tahun di PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan permainan memancing ikan terhadap kemampuan berhitung anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah anak PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru yang berusia 5–6 tahun yang berjumlah 36 orang yang terbagi kedalam 2 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling, yaitu kelas B1 dan kelas B2 masing-masing berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes / unjuk kerja, berupa penyataan 7 butir pernyataan dan alat pengumpulan data digunakan lembar pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (uji independen sample t-test) menggunakan Program Software SPSS Versi 21.0 for Windows. Berdasarkan analisa data, diperoleh rata-rata hasil tes / unjuk kerja setelah perlakuan (post-test) kelas eksperimen (B1) adalah 82,13 dan SD 9,855 sedangkan pada kelas kontrol (B2) adalah 74,47 dan SD sebesar 8,114. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 lebih kecil dari taraf signifikansi α=0,05. Maka dapat disimpulkan penggunaan permainan memancing ikan berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak usia 5–6 tahun  di PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anggelina, Pitri. (2015). Efektivitas Permainan Petualangan Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Mutiara Al Madani Sungai Penuh Jambi (Skripsi). Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Padang.

[2] Anggreani, Chresty. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Bermain Melalui Media Ikan Di Akuarium Pada Anak Kelompok B1 TK IT IQRA Kota Bengkulu (Skripsi). Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

[3] Desfita, Megi. (2016). Efektivitas Game Interaktif Bobby Bola Dan Nano Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Bukittinggi (Skripsi). Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Padang.

[4] Fadlillah, Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

[5] Hasnida. (2014). Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Luxima Metro Media.

[6] Hildayani, Rini. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

[7] Herawati, Netti. (2005). Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Usia 3-4 Tahun. Pekanbaru : Quantum.

[8] Melati, Risang. (2012). Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak-anak. Yogyakarta : Araska.

[9] Mohandas, Ramon. (2015). Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 4-5 Tahun. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[10] Musbikin, Imam. (2010). Buku Pintar PAUD. Jogjakarta : Laksana.

[11] Mutiah, Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

[12] Putri, Rahmita Yulia. (2016). Pengaruh Game Educative Gcompris Terhadap Kemampuan Membaca Anak di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Kabupaten Lima Puluh Kota (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Padang.

[13] Rahmawati. (2015). Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Palembang (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sriwijaya. Indralaya.

[14] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

[15] Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana.

[16] Susilo, Setiadi. (2016). Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta : Bee Media Pustaka.
[17] Reswita, R., & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), 43-51.
Published
2019-10-31
How to Cite
Reswita, R., & Witrimus. (2019). Pengaruh Permainan Memancing Ikan terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 19-28. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3300
Abstract viewed = 1325 times
PDF downloaded = 825 times