ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM
Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan yang menggerakan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku siswa dalam kegiatan belajar, maka motivasi sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. motivasi belajar siswa yang rendah hal itu ditandai penyelesaian tugas dari guru yang ditunda-tunda selain itu siswa lebih senang dengan tugas-tugas yang sederhana, sedangkan motivasi siswa yang tinggi apabila siswa tekun menghadapi tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dalam pembelajaran menggunakan media Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian siswa kelas X MIA MAN 4 Pekanbaru. Instrument penelitian berupa angket skala motivasi belajar siswa yang terdiri dari 30 pernyataan yang terdapat 13 pernyataan positif dan 17 pernyataan negatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknis Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan bantuan excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor 2,71 (67,93%) dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas X MIA MAN 4 Pekanbaru menggunakan media Google Classroom dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. Remaja Rosdakarya.Bandung.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edited By Rineka Cipta. (Edisi Revisi). Jakarta.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Ishak, S. 2015. Metode Pembelajaran Sains Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Cahaya Anugrah.Jakarta
Melisari., Asri, S., & Siti, C., 2019. Analisis Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Visual Basic Excel Pada Materi KPK Dan FPB. Jurnal Pengabdian. 02 (01): 82–87.
Nasution., 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Pembelajaran Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Oktaviani, R., & Puspita, D.D., 2020. Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. 3 (2): 133-140.
Romlah, S., Nurlela, N., Siti, N., & Wahyu, S., 2019. Analisis Motivasi Belajar Siswa Sd Albarokah 448 Bandung Dengan Menggunakan Media Ict Berbasis For Vba Excel Pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 220–26.
Sardiman., 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Edited By Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto., 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Sudjana, N., 2013. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Remaja Sinar Baru Aglesindo: Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Edited By Remaja Rosdakarya. Bandung.
Triyaswati, D., & Nafiah., 2019. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Zoom Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Cepokomulyo Malang. Jurnal Pendidikan. 2 (1): 20–26.
Tika, & H. Moh, P., 2005. Metode Penelitian Geografi. Karyaabdi. Jakarta
Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Edited By Bumi Aksara. Jakarta.
Copyright (c) 2021 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.