ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM

  • Herziza Susana Universitas Lancang Kuning
  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pembelajaran, Motivasi Belajar, Google Classroom

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan yang menggerakan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku siswa dalam kegiatan belajar, maka motivasi sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. motivasi belajar siswa yang rendah hal itu ditandai penyelesaian tugas dari guru yang ditunda-tunda selain itu siswa lebih senang dengan tugas-tugas yang sederhana, sedangkan motivasi siswa yang tinggi apabila siswa tekun menghadapi tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dalam pembelajaran menggunakan media Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian siswa kelas X MIA MAN 4 Pekanbaru. Instrument penelitian berupa angket skala motivasi belajar siswa yang terdiri dari 30 pernyataan yang terdapat 13 pernyataan positif dan 17 pernyataan negatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknis Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan bantuan excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor 2,71 (67,93%) dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas X MIA MAN 4 Pekanbaru menggunakan media Google Classroom dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. Remaja Rosdakarya.Bandung.

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edited By Rineka Cipta. (Edisi Revisi). Jakarta.

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Ishak, S. 2015. Metode Pembelajaran Sains Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Cahaya Anugrah.Jakarta

Melisari., Asri, S., & Siti, C., 2019. Analisis Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Visual Basic Excel Pada Materi KPK Dan FPB. Jurnal Pengabdian. 02 (01): 82–87.

Nasution., 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Pembelajaran Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktaviani, R., & Puspita, D.D., 2020. Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. 3 (2): 133-140.

Romlah, S., Nurlela, N., Siti, N., & Wahyu, S., 2019. Analisis Motivasi Belajar Siswa Sd Albarokah 448 Bandung Dengan Menggunakan Media Ict Berbasis For Vba Excel Pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 220–26.

Sardiman., 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Edited By Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto., 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sudjana, N., 2013. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Remaja Sinar Baru Aglesindo: Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Edited By Remaja Rosdakarya. Bandung.

Triyaswati, D., & Nafiah., 2019. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Zoom Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Cepokomulyo Malang. Jurnal Pendidikan. 2 (1): 20–26.

Tika, & H. Moh, P., 2005. Metode Penelitian Geografi. Karyaabdi. Jakarta

Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Edited By Bumi Aksara. Jakarta.

Published
2021-04-22
How to Cite
Susana, H., Afidah, M., Wahyuni, S., & Khudri Sembiring, A. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM . Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 71-78. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6583
Section
Article
Abstract viewed = 2089 times
PDF downloaded = 862 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>