ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN KULTUR JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA AS-SHOFA PEKANBARU TA 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa dalam pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan di SMA As- Shofa Pekanbaru T.A.2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan teknik Total sampling yang dilaksanakan di kelas XI IPA SMA As- Shofa Pekanbaru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 58 orang siswa. Berdasarkan analisis persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan sebesar 2,63 berada pada kriteria tinggi sedangkan pada persentasenya sebesar 65,76%. Indikator kesulitan tertinggi adalah faktor lingkungan keluarga sebesar 2,78 berada di kriteria tinggi sedangkan persentasenya sebesar 69,50%, sedangkan indikator kesulitan terendah adalah faktor jasmaniah sebesar 2,47 berada pada kriteria sedang dengan persentase 61,75%. Dari hasil penelitian yang dihitung dengan teknik CRI mengalami kejadian miskonsepsi berjumlah 1276 kejadian yang terdiri dari kategori yaitu siswa yang paham dengan persentase 25,62% ( kategori rendah), miskonsepsi dengan persentase 25,62% (kategori rendah), tidak tahu konsep dengan persentase 27,11% (kategori rendah) dan menebak jawaban dengan persentase 21,63% (kategori rendah) dengan skala CRI yang berbeda- beda dari 22 soal yang diujikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa seluruh indikator pada kesulitan belajar siswa berada pada kriteria sedang dan miskonsepsi pada kategori rendah.
Downloads
References
Agustina, R., Sipahutar, H., & Harahap,F. 2016. Analisis Miskonsepsi Pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.5. No.2 Hal. 113.
Akdon dan Riduwan. 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta: Bandung.
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Gasong, D. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran.Deepublish:Yogyakarta.
Hakim, T. 2010. Belajar Secara Efektif (edisi 2). Puspa Swara: Jakarta.
Hakim, T. 2005. Belajar Secara Efektif. Puspa Swara: Jakara.
Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Hendaryono,D.P.S.dan A.Wijayani. 1994. Kultur Jaringan (Pengenalan dan Petunjuk Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif Media). Penerbit Kanisius: Yogyakarta.
Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Bandung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Suardi, M. 2015. Belajar dan pembelajaran (Edisi 1).Deepublish: Yogyakarta.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Afabeta: Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta: Bandung.
Suparno. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Grasindo: Jakarta.
Syah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Ciputat Press: Jakarta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara:Jakarta.
Wijiningsih, TA. 2016. Analisis Miskonsepsi Materi Struktur-Fungsi Jaringan Hewan Dalam Buku Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 5 No. 7.
Copyright (c) 2020 Bio-Lectura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.