ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN KULTUR JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 PEKANBARU

  • Harry Sumantri Universitas Lancang Kuning
  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kesulitan Belajar, Miskonsepsi, Kultur Jaringan Tumbuhan

Abstract

Kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa pada pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan terjadi karena metode mengajar yang digunakan kurang tepat dan jadwal dan waktu belajar yang singkat sehingga materi yang disampaikan tidak tuntas. Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa dalam pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan di SMA Negeri 13 Pekanbaru TA. 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan teknik Total Sampling  yang dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 13 Pekanbaru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa. Data analisis kesulitan belajar di peroleh melalui angket, sedangkan miskonsepsi diperoleh dari soal test dengan menggunakan CRI. Hasil penelitian ini menunjukan tingginya tingkat kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa pada pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan, hasil kesulitan belajar pada aspek jasmaniah sebesar 3.18 dengan persentase 79.56%, aspek lingkungan keluarga sebesar 3.12 dengan persentase 78.00%, aspek psikologi sebesar 3.11 dengan persentase 77.79%, aspek lingkungan sekolah sebesar 2.91 dengan persentase 72.65%, dan aspek lingkungan masyarakat sebesar 2.71 dengan persentase 67.69%. untuk hasil penelitian miskensepsi dengan teknik CRI mengalami miskonsepsi sebesar 780 kejadian terdiri dari 4 kategori yaitu siswa paham 37.56%, tidak paham konsep 8.46%, menebak 9.23%,dan miskonsepsi 44.74%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh indikator pada kesulitan belajar berada pada kriteria tinggi dan miskonsepsi berda pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman & Muhidin. 2007. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Penelitian. Pustaka Setia: Bandung
Abdurahman, M. 2003. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta
Ahmadi & Supriyono. 2004. Pisikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Akdon & Riduwan 2005. Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta: Bandung
Alawiyah, H., Muldayanti, N. D., Setiada, A. E. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Invetebrata Di Kelas X MAN 2 Pontianak. Jurnal Biologo Education. Vol. 3 No. 2. Hal. 9-20
Ansori, A. Z. 2012. Miskonsepsi Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. [Online]. Tersedi: http://bdksurabaya.kemenag.go.id[8 Februari2019].
Aqib, Z. 2013. Model-model Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Yrama Widya: Bandung
Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi RevisiVII. Rineka Cipta: Jakarta
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Asnawati., Wattimena. G. A., Machmud, M., & Purwito, A. (2012). Studi dan regenerasi dan produk protoplas mesofil daun beberapa klon tanaman kentang (Solanum Tumberosum). Buletin Agronomi 20 (3): 87-91.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar Dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadilah, S. 2016. Analisis Miskonsepsi siswa SMP Dalam Materi Perbandingan Dengan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Informatika dan Sains. Vol. 5 No. 2. Hal 245-259
Hamalik, O. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Hartman, H. T., Kester, D.E., & Davis-jr. (1990). Plant Propagation: Principles and Practices. New Jersey: Practice-Hall International, Inc.
Hasan, S., D. Bagoyoko, D., & Kelley, E. L., 1999. Misconception and the certainty of response index (CRI). Physics Education. 34. (5). H. 295-299
Hasbullah. 2003. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Herutomo. 2014. Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan pengajaran. Vol. 1 No. 2. Hal 134-145
Meriani. 2014. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Hubungannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Konsep Genetika di Kelas XII IPA SMA N 3 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning.
Murni, D. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Subtansi Genetika Mengunakan certainty of Response Index (CRI).Prosiding Semirata 2013
Pratiwi, D.A. 2013. Biologi SMA Dan MA untuk Kelas XII. Erlangga: Jakarta
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta: Bandung
Rochman, S.N. 2009. Biologi SMA Kelas XI. Pusat Perbukuan Depdiknas: Jakarta.http://www.pintarbiologi.com/2014/12/sifat-totipotensi-sel-tumbuhan-dan-kultur-jaringan.html.
Rusman. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori praktik dan Penilaian. Grafindo: Jakarta
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung
Santoso, U, & Nursandi, F. 2003.Kultur Jaringan Tanaman. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Sardiman. 2010. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Grafindo: Jakarta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, dan r&d. Alfabeta: Bandung
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suparno. 2013. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Pendidikan Biologi. Grasindo: Jakarta
Suryowinoto, M. 1991. Pemuliaan Secara In Vitro. Kanisius: Yogyakarta
Syah, M. 2010. Pisikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Wijiningsih., Harjana, T., & Sukiya. 2016. Analisis Miskonsepsi Materi Struktur Fungsi Jaringan Hewan Dalam Buku Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 70 5 No7. Hal 1-10
Yulia. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo. Bioilmu: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 3, No 2. Hal 1-7
Zulkarnaen. 2009. Kultur Jaringan Tanaman: Solusi Perbanyakan tanaman Budi Daya. Bumi Aksara: Jakarta
Published
2020-10-23
How to Cite
Sumantri, H., Afidah, M., & Wahyuni, S. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN KULTUR JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 153-165. https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5309
Section
Article
Abstract viewed = 1693 times
PDF downloaded = 924 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>