SOSIALISASI DAN PELATIHAN TEKNIK PENYARINGAN AIR DI DESA MENGKAPAN, SIAK

  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning
Keywords: air bersih, desa mengkapan, penyaringan air

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasari adanya kebutuhan warga Desa Mengkapan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak untuk menyelesaikan permasalahan ketersediaan air bersih. Berdasarkan fakta tersebut, tim pengabdi merasa perlu untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan teknik penyaringan air ini untuk mengatasai masalah yang dihadapi mitra. Kegiatan ini akan dilakukan dalam satu hari dengan 2 sesi kegiatan. Pada sesi pertama, peserta diberikan materi tentang pentingnya air bersih serta teknik pembuatan alat penyaring air. Peserta juga diberikan lembar pretest dan posttest untuk menilai sejauh mana peningkatan pengetahuan peserta setelah penyampaian materi tersebut. Selanjutnya, pada sesi kedua peserta diberikan pelatihan berupa praktik pembuatan alat penyaring air. Berdasarkan penghitungan nilai pretest-posttest peserta diketahui 72,5 % peserta belum mengetahui kriteria air bersih dan teknik pembuatan alat penyaring air. Setelah dilakukan pelatihan, 100% peserta sudah mengetahui dengan baik kriteria air bersih dan teknik pembuatan alat penyaring air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dokumen Kecamatan Sungai Apit Kabuupaten Siak Provinsi Riau. Profil Kecamatan. 2014.
[2] Surtikanti, HK. 2011. Biologi Lingkungan. Prisma Press: Bandung
[3] Hilda, dkk. 2011. Penyediaan Air Bersih dan Sehat dengan Menggunakan Alat Penyaring Air Sederhana di Desa Pulau Kabal Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Seminar Nasional Perteta: Bandung.
Published
2017-12-30
How to Cite
Wahyuni, S., Sari, M., Sari, M., & Afidah, M. (2017). SOSIALISASI DAN PELATIHAN TEKNIK PENYARINGAN AIR DI DESA MENGKAPAN, SIAK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 100-105. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.412

Most read articles by the same author(s)