PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO BAGI GURU SMP DAN SMA SMART INDONESIA PEKANBARU

  • Raudhah Awal Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni
  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Edmodo, Inovasi Pembelajaran, TIK Modern

Abstract

Penggunaan TIK pada bidang pendidikan sudah semakin meningkat. Penggunaan alat-alat elektronik canggih seperti komputer dan telepon genggam yang dapat terhubung dengan internet menjadi paling diminati oleh masyarakat, terkhusus pendidik maupun peserta didik. Guru di SMP dan SMA Smart Indonesia Pekanbaru belum menggunakan alat TIK modern dalam pembelajaran. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, guru SMP dan SMA Smart Indonesia Pekanbaru diberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi pembelajaran pada alat TIK modern, yaitu Edmodo. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilakukan diketahui terjadi peningkatan pengetahuan guru SMP dan SMA Smart Indonesia Pekanbaru mengenai penggunaan aplikasi Edmodo. Rerata nilai pretest adalah 16 atau 16 % dan rerata nilai posttest adalah 100 atau 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiana, H. R. et al. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat. Vol. 4, No. 1, Mei 2015: 59 - 62.

Darimi, I. 2017. Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017, 111-121.

Fahyuni, E.F. 2017. Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida Press: Sidoarjo.

Okmayura, F. et al. 2018. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Aplikasi Edmodo bagi Para Guru Bidang Kejuruan di SMK Masmur Pekanbaru. Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika: Universitas Muhammadiyah Riau.

Siahaan, S. 2010. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.
Published
2019-06-24
How to Cite
Raudhah Awal, Wahyuni, S., & Martala Sari. (2019). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO BAGI GURU SMP DAN SMA SMART INDONESIA PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 69-75. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2218
Abstract viewed = 552 times
PDF downloaded = 414 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>