Workshop on Using Technology Applications as a Learning Media for MTs Al-Ittihad Pekanbaru Teachers

Workshop Penggunaan Aplikasi Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru MTs Al-Ittihad Pekanbaru

  • Marwa Marwa* Universitas Lancang Kuning
  • Herlinawati Herlinawati universitas lancang kuning
  • Raudhah Awal universitas lancang kuning
  • Yona Dwi Tirta Safitri universitas lancang kuning
  • Jul Prima Mutia universitas lancang kuning
  • Novriandi Eka Saputra Universitas lancang kuning
Keywords: Workshop, Digital Literacy, Technology Applications

Abstract

The workshop on using technology applications as a learning medium for MTs Al-Ittihad teachers was based on the problem identified by the Postgraduate School Faculty service team, Universitas Lancang Kuning, namely the lack of knowledge about digital literacy in contemporary learning. For this reason, training in using technology applications in learning should be provided. This workshop was held in May 2023 at MTs Al-Ittihad School with 20 participants for 4 hours. To measure the level of teacher understanding, the service team provided questionnaires in the sessions before and after activities. The results of the pre-test regarding the use of technology applications namely ChatGPT, Vocaroo, and Tricider, showed that 93% -100% of the participants did not know about these technology applications. However, after the training was given, the results of the post test showed that 100% of the participants understood and could use the learning technology applications provided. Finally, the service team concluded that teachers really need knowledge about ICT empowerment in order to improve the achievement of learning outcomes.

Workshop penggunaan aplikasi teknologi sebagai media pembelajaran bagi guru MTs Al-Ittihad ini dilaksanakan berdasarkan masalah yang diidentifikasi oleh tim pengabdian Fakultas Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning yaitu kurangnya pengetahuan tentang literasi digital dalam pembelajaran kekinian. Untuk itu, pelatihan menggunakan aplikasi teknologi dalam pembelajaran diberikan. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di Sekolah MTs Al- Ittihad dengan 20 peserta selama 4 jam. Untuk mengukur tingkat pemahaman  guru pada kegiatan pelatihan ini, tim pelaksana pengabdian memberikan angket pada sesi sebelum dan sesudah kegiatan workshop. Hasil angket pre-test dari penggunaan aplikasi teknologi sebagai media pembelajaran yaitu ChatGPT, Vocaroo, dan Tricider yang diberikan menunjukkan 93%-100% dari peserta belum mengetahui aplikasi teknologi tersebut. Namun, setelah pelatihan diberikan, hasil angket post test menunjukkan 100% peserta memahami dan dapat menggunakan aplikasi teknologi pembelajaran yang diberikan. Akhirnya, tim pengabdian menyimpulkan bahwa guru-guru memang memerlukan pengetahuan tentang pemberdayaan TIK dalam rangka meningkatkan pencapaian hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Andhika, M. R. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di MIN 8 Aceh Barat. JURNAL EDUSCIENCE, 7(1), 28–33.

Batubara, D. S. (2018). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru sd/mi potret, faktor-faktor, dan upaya meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, (1), 48–65.

Bawden, D. (2008). Origin and Concept of Digital Literacy. In C. Lankshear & Knobel (Eds.) Digital Literacies: Concepts, Policies, and Practices (pp. 17-32). New York: Peter Lang Publishing, Inc.

Gani, P., Suryati, L., Sukiman, S., Sudarso, A., & Mipo, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada SMA METHODIST-7 MEDAN. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Hasanah, I. (2021). Menumbuhkan Jiwa Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis IT Pada Era Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 3(3), 18–28.

Hidayanti, N. (2017). Tingkat Kemampuan Literasi Penggunaan Media Internet di Kalangan Guru Sekolah Menengah Atas Kota Mojokerto. JURNAL_Fis.IIP.16 18 Hid t.pdf

Hobbs, R. (1996). Media Literacy, Media Activism. Telemedium: The Journal of Media Literacy: 42 (2).

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan Pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Kharisma, H. V. (2017). Literasi Digital di Kalangan Guru SMA di Kota Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 6(4), 1–12.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116.

Muiz, M. H., & Sumarni, N. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Nur Qomariyah. A. (2009) Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan. Skripsi. Surabaya.

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033

Rahman, F., Astagini, A., & Effendy, A. D. F. (2020). Kesenjangan Pembangunan di Tingkat Lokal: Refleksi atas Implementasi Otonomi Daerah di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 2(2), 93–111. https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i2.422

Rerendo, E. F., Pangesti, G. D., Mukarromah, N. A. A., Putri, V., Zulkardi, Z., & Sari, N. (2021). Peningkatan Keprofesionalan Guru Matematika Selama Pandemi Melalui Pelatihan dan Pembinaan Guru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 156–166.

Published
2024-04-28
How to Cite
Marwa*, M., Herlinawati, H., Awal, R., Safitri, Y. D. T., Mutia, J. P., & Saputra, N. E. (2024). Workshop on Using Technology Applications as a Learning Media for MTs Al-Ittihad Pekanbaru Teachers: Workshop Penggunaan Aplikasi Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru MTs Al-Ittihad Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 440-448. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i2.16319
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>