PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERBANTUAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Konsep sistem pernapasan manusia merupakan salah satu konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memiliki banyak penjelasan yang bersifat abstrak, sehingga dapat memicu terjadinya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajar gallery walk berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Negeri 2 Pekanbaru T.P 2018/1019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap bulan Januari. Desain penelitian ini yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Metching Only Pretest-Posttest kontrol Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel. Sampelyang pertama adala kelas eksperimen VIII 3 dengan jumlah 27 siswa dan sampel yang kedua menggunakan kelas kontrol VIII 2 dengan jumlah 27 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui Pretest, Posttest dan lembar observasi merupakan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Indentpendent Samples Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Rerata N-Gain pada kelas eksprimen adalah 0,71 kategori tinggi dan pada kelas kontrol adalah 0.37 kategori sedang. Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran gallery walk berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Negeri 2 Pekanbaru T.P 2018/2019
Downloads
References
Arikunto, (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Gufron, M. (2011). Implementasi Metode Gallery Walk dan Samll Group Discussion Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas VIII E Di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universtas Negeri Islam Maulana Malik.
Hafni. (2010). Media Teka-Teki Silang. Kencana:Jakarta
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Hendra. (2008). Teka-teki Silang. Kencana:Jakarta.
Hidayat. (2009). Teka-teki Silang. Kencana:Jakarta.
Ismail. (2011). Gallery Walk Teori dan Aplikasi Belajar. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Kunandar. (2008). Guru Profesionlan Implementasi Kurikulum Timgkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Raja Grafinda Peersada: Jakarta.
Mariam, F.S. (2010). Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekresi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume. II. November 3 Hal.17-21
Mc Millan, J.H & Schumacher,S.(2001).Resarch In Education. Logman: New York
Nuh, M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam. Kemdikbud: Jakarta
Rakhmayanti, R, Fitri, A. H. dan Handayani (2018). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Gersik. Jurnal Pendidikan Biologi, Volum 10 Nomor. 2 Hal 20-23
Silberman. (2013) Pembelajaran Gallery Walk. Yoppodis: Yogyakarta
Sardirdiman, S. (2014). Intraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta Karya : Jakarta
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian. Tristo: Bandung
Suprijono, A. (2009). Multimedia Interaktif. Graha Ilmu : Yogyakarta
Widarti, S., Peniati, W. dan Widyaningrum, P. (2013). Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan Di SMA. Negeri 1 Gringsing. Journal Unnes. Volume. 2. Nomor. 1. Hals 11-17 FMIPA Universitas Negeri Semerang. Semarang
Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta
Zulfan. (2009). Teka-teki Silang ,Kencana:Jakarta.
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.