PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERBANTUAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Raudhah Awal Universitas Lancang Kuning
  • Devita Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Gallery walk, teka-teki silang, hasil belajar, sistem pernapasan

Abstract

Konsep sistem pernapasan manusia merupakan salah satu konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memiliki banyak penjelasan yang bersifat abstrak, sehingga dapat memicu terjadinya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajar gallery walk berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Negeri 2  Pekanbaru T.P 2018/1019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap bulan Januari. Desain penelitian ini yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Metching Only Pretest-Posttest kontrol Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel. Sampelyang pertama adala kelas eksperimen VIII 3 dengan jumlah 27 siswa dan sampel yang kedua menggunakan kelas kontrol VIII 2 dengan jumlah 27 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui  Pretest, Posttest dan lembar observasi merupakan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Indentpendent Samples Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Rerata N-Gain pada kelas eksprimen adalah 0,71  kategori tinggi dan pada kelas kontrol adalah 0.37 kategori sedang. Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model  pembelajaran gallery walk berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII MTs Negeri 2 Pekanbaru T.P 2018/2019

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, C, T, (2007). Psikologi Belajar. UPT Unnes Press: Semarang

Arikunto, (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Gufron, M. (2011). Implementasi Metode Gallery Walk dan Samll Group Discussion Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas VIII E Di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universtas Negeri Islam Maulana Malik.

Hafni. (2010). Media Teka-Teki Silang. Kencana:Jakarta

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta

Hendra. (2008). Teka-teki Silang. Kencana:Jakarta.

Hidayat. (2009). Teka-teki Silang. Kencana:Jakarta.

Ismail. (2011). Gallery Walk Teori dan Aplikasi Belajar. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Kunandar. (2008). Guru Profesionlan Implementasi Kurikulum Timgkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Raja Grafinda Peersada: Jakarta.

Mariam, F.S. (2010). Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekresi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume. II. November 3 Hal.17-21

Mc Millan, J.H & Schumacher,S.(2001).Resarch In Education. Logman: New York
Nuh, M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam. Kemdikbud: Jakarta

Rakhmayanti, R, Fitri, A. H. dan Handayani (2018). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Gersik. Jurnal Pendidikan Biologi, Volum 10 Nomor. 2 Hal 20-23

Silberman. (2013) Pembelajaran Gallery Walk. Yoppodis: Yogyakarta

Sardirdiman, S. (2014). Intraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta Karya : Jakarta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian. Tristo: Bandung

Suprijono, A. (2009). Multimedia Interaktif. Graha Ilmu : Yogyakarta

Widarti, S., Peniati, W. dan Widyaningrum, P. (2013). Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan Di SMA. Negeri 1 Gringsing. Journal Unnes. Volume. 2. Nomor. 1. Hals 11-17 FMIPA Universitas Negeri Semerang. Semarang

Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Zulfan. (2009). Teka-teki Silang ,Kencana:Jakarta.
Published
2019-10-25
How to Cite
Awal, R., & Sari, D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERBANTUAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 172-182. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3573
Section
Article
Abstract viewed = 247 times
PDF downloaded = 186 times

Most read articles by the same author(s)