PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI FOTOSINTESIS KELAS VIII DI SMP N 19 PEKANBARU
Abstract
Desain penelitian yang digunakan adalah weak experiment dengan desain the static-grup pretest-posttest desaign. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII3 dengan jumlah siswa 29 orang dan VIII4 dengan jumlah siswa 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, angket motivasi dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. hasil data uji-t N-Gain adalah 0.014 < 0.05 (ɑ), maka tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas TPS dan kelas TPSq. Hal ini juga dapat dilihat pada rerata N-Gain kelas TPS 0.59, sedangkan pada kelas TPSq 0.68. dan motivasi belajar siswa di kelas TPS dan TPSq didapatkan hasil posttest yang telah di analisis dengan menggunakan uji-t sig (2 tailed) adalah 0.026 < 0.05 keputusan yang di ambil adalah tolah H0 yang artinya pada kelas TPS dan TPSq terdapat perbedaan siknifikan, yang artinya siswa pada kelas TPS dan TPSq memiliki motivasi yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa antara kelas yang menggunakan kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi fotosintesis kelas VIII SMP 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019.
Downloads
References
Cooper, James L. & Pamela Robinson,(2000) Getting Started: Informal Small-Group Strategies in Large Classes, New direction for teaching and learning, no. 81.
Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta
Franklen, J. R dan Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research In Education: Singapore.
Hamalik, O . (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru Al: Bandung.
Hardini, I dan Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Familia: Yogyakarta.
Iriyanto. H. D. (2012). Learning Metamorphosis Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya. Erlangga: Jakarta
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Lie, A. (2010). Cooperatif Learning (Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas). PT Grasindo: Jakarta.
Meltzer, D. E. (2002). Relation Between Matematics Preparation and Conceptual Learning Gains In Physicn: A Possible “Hidden Variabel” In Diagnostic Pretest Score. American Journal Of Physics. Vol 70 No. 12 Hal: 1259-1269.
Pakpahan, et al, (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X Mia Man 1 Pekanbaru. e-Journal. Vol 3. No1. Hal 1-14.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar: Surakarta.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada : Jakarta.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta
Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Raja Drafindo, Persada: Jakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka cipta: Jakarta.
Starr. C, et al. (2012). Biologi Edisi 12 Buku 1 Kesatuan dan Keragaman Makhluk Hidup. Salemba Teknika: Jakarta.
Sudjana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
Sumaryati dan Sumarmo. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa Sma. infinity. Vol 2. No 1. Hal 26-42.
Surayya, et al. (2014). Pengaruh model pembelajaran Think pair share terhadaphasil belajar ipa ditinjau dari keterampilan berpikir keritis siswa. e-Journal. Vol 4. No 1. Hal 1-11.
Tahueyo, et al. (2012). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Square Dalam Pembelajaran Fisika Kelas Ix Smp Batara Gowa. E-journal. Vol 1. No 2. Hal 95-107
Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara: Jakarta.
Copyright (c) 2020 Bio-Lectura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.