PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

  • Prety Novita Universitas Lancang Kuning
  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
  • Raudhah Awal Universitas Lancang Kuning
Keywords: Problem based learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, Sikap Ilmiah, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Ketika pembelajaran siswa masih terfokus kepada guru menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based learning  berbantuan Mind mapping terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen Dengan the static-grup pretest-postest control group design. sampel yang digunakan untuk penelitian adalah 39 siswa kelas kontrol dan 39 kelas eksperimen yang diambil dengan teknik Random Sampling. Rerata N-Gain pada pretest dan posttest 0.28 kategori rendah sedangkan kelas eksperimen 0,63 kategori sedang dan hasil uji N-Gain dengan nilai 0.00<0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Rerata sikap ilmiah pada kelas kontrol sebesar 3,00 dengan kategori tinggi sedangkan kelas eksperimen sebesar 3,20 dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman & Muhidin. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Pustaka Setia: Bandung
Alex, S. 2003. Psikologi Umum. Pustaka Setia: Bandung
Anwar. 2009. Penilaian Sikap ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. Vol. 2, No. 5
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Bumi aksara: Jakarta.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bumi Aksara: Jakarta
Buzan, T. 2008. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Frenkel, Jack R. And Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Companies: New York
Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Unesa University Press: Surabaya
Mustafa. 2006. Proses Belajar Mengajar. Grafindo: Bandung
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka
Cipta: Jakarta.
Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar baru Algensindo: Bandung
Suprijono. 2009. (Cooperative Learning) Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Suryosubroto. 2002. Memahami Hasil Belajar. Bumi Aksara: Jakarta
Sventensson, I. 2004. Learning Maps and Memory Skills. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara: Surabaya
Widodo, W., Rachmadiarti, F. & dan Hidayati, S.N. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud: Jakarta
Published
2020-10-23
How to Cite
Novita, P., Sari, M., Sari, E., & Awal, R. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 166-174. https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5308
Section
Article
Abstract viewed = 365 times
PDF downloaded = 229 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>