IDENTIFIKASI SERANGGA DEKOMPOSER DI PERMUKAAN TANAH HUTAN TROPIS DATARAN RENDAH (Studi Kasus di Arboretum dan Komplek Kampus UNILAK dengan Luas 9,2 Ha)

  • Martala Sari
Keywords: Kata Kunci ; Serangga permukaan tanah, decomposer, Arboretum

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman serangga dekomposer permukaan tanah hutan tropis dataran rendah di Arboretum dan komplek kampus UNILAK dengan luas 9,2 Ha. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret – Juli 2014 di Hutan Arboretum dan Kawasan Kampus UNILAK Pekanbaru. Metode Penelitian dengan menggunakan pitfall trap atau perangkap jebakan yang diletakkan di hutan homogen (kawasan kampus) dan hutan heterogen (Arboretum). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan purposive sampling. Sampel serangga yang diperolehi diidentifikasi dan Data Analisis di Laboratorium pendidikan Biologi. Hasil yang diperolehi hasil pengamatan dapat  disimpulkan bahwasanya terdapat sebanyak 6 ordo yaitu Formicidae, Vespidaceae, Gryllinae, Coleoptera, Siphonoptera, Diptera. Kelompok ordo yang tertinggi jumlah individu yang ditemukan adalah pada ordo Formicidae dengan jumlah 114 individu pada hutan heterogen  sedangkan 16 pada hutan homogen.  Sedangkan Keanekaragamannya pada hutan heterogen tergolong tinggi sedangkan hutan homogeny tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-25
How to Cite
Sari, M. (2015). IDENTIFIKASI SERANGGA DEKOMPOSER DI PERMUKAAN TANAH HUTAN TROPIS DATARAN RENDAH (Studi Kasus di Arboretum dan Komplek Kampus UNILAK dengan Luas 9,2 Ha). Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 140-149. https://doi.org/10.31849/bl.v2i2.324
Section
Article
Abstract viewed = 1764 times
Martala Sari pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>