PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN ATLAS BAKTERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU
Abstract
Bakteri merupakan mikroorganisme yang berukuran kecil, dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning together berbantuan media atlas bakteri terhadap hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas X MIPA 2 SMAN 16 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan november 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen metode the matching only pretest-posttest control group designs, sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 37 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Penggumpulan data dilakukan melaui pretest, posttest, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain kelas kontrol 0.55 kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 0.67 kategori sedang. Hasil uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning together berbantuan media atlas bakteri terhadap hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas X MIPA 2 SMAN 16 Pekanbaru
Downloads
References
Arjuna. (2018). Pengertian Jenis Bakteri Autotrof dan Bakteri Heterotrof Beserta Contohnya dan Penjelasannya. Tersedia Online https://e-the-l.blogspot.com/2018/02/pengertian-jenis-bakteri-autotrof-dan.html. [18 Januari 2018].
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Bumi aksara: Jakarta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Dani, I. (2015). Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Peranan Archaebacteria. Tersedia Online. http://pak.pandani.web.id/2015/09/ciri-ciri-klasifikasi-dan-peranan.html [22 Januari 2018]
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Dhufry, N, F. (2017). Mikrobiologi dan Parasitologi "Bakteri". Tersedia Online https://www.slideshare.net/NurFitrianiDjufry/mikrobiologidanparasitologi-bakteri. [18 januari 2019].
Dwiranti. (2014). Archaebakteria dan Eubakteria. Tersedia online https://www.slideshare.net/1000guru/3-archaeobacteria-dan-eubacteria. [30 Oktober 2018]
Frankel & Wallen. (1993). How To Desaign And Evaluate Researc In Education: McGRAW-HIL. Singapure.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung.
Insiyah, Marhaeni, & Natajaya. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Atlas Taktual Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV, V, VI Semester II Slb A Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5, No 1 Tahun 2015.
Jiwanjaya, Y. (2016). Cocus,Bacillus,dan Spiral,Bakteri Berdasarkan Bentuknya. Tersedia Online. https://www.biologiedukasi.com/2016/03/cocus-bacillus-dan-spiral-bakteri.html . [22 Januari 2018].
Mudjiman. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Matematic Preparation And Conceptual Learning Gains In Physien: A Possible “Hidden Variabel ” In Diagnostic Pretest Score “ American Journal Of Physics. Vol. 70. No 7. Hal 120-137
Pandu, K. (2016). Klasifikasi Bakteri Berdasarkan Dinding Sel, Flagel, dan Cara Hidupnya. Tersedia Online http://www.ebiologi.net/2016/08/klasifikasi-bakteri-jenis-jenis.html. [18 Januari 2018].
Pelczar & Chan. (2006). Dasar-Dasar Mikrobiologi 1. Universitas Indonesia: Jakarta.
Rasyid, H. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Wacana Prima: Bandung
Sudirman. (2007). Aktivitas Belajar. Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, D. (2010). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Pendidika. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penlitian. Alfabeta: bandung.
Slameto. (2010) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Slavin. (2011). Cooperative Learning . Nusa Media: Bandung
Syanas, Mulyani & Saputro. (2016). Penerapan Model Learning Together (LT) Dilengkapi Dengan Kartu Pintar untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Kimia Materi Stoikiometri Siswa Kelas X Mia-1 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 5 No. 1.
Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Pustaka Setia: Bandung
Tirtarahadja & Sulo. (2010). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta
Trisnaning, Cahyati, & Wiyanto. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Profesi Keguruan. Vol 3 (2).
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif. Pustaka Setia: Bandung.
Wulandari, A. (2010). Metode Penelitian. tersedia onilne http://www.Trinoval.web.id.200/04/jenis-uji-statistik.html.[5 November 2018]
Wulansari, D. (2015). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan: Euphorbiales, Myrtales, dan Solanales Sebagai Sarana Identifikasi. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.4 No.3.
Yasa, D. (2008). prestasi dan aktivitas belajar. Tersedia online Http://ipotes.wordpress.com/2011/0/24/aktivitas-dan-prestasi-belajar-. [26 Desember 2018]
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.