PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN ATLAS BAKTERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU

  • Martala Sari Universitas Lancang Kuning
  • Liber Riwati Zega Universitas Lancang Kuning
Keywords: model cooperative learning together, media atlas bakteri

Abstract

Bakteri merupakan mikroorganisme yang berukuran kecil, dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning together berbantuan media atlas bakteri terhadap hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas X MIPA 2 SMAN 16 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan november 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen metode the matching only pretest-posttest control group designs, sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 37 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Penggumpulan data dilakukan melaui pretest, posttest, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain kelas kontrol 0.55 kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 0.67 kategori sedang. Hasil uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning together berbantuan media atlas bakteri  terhadap hasil belajar siswa pada  materi bakteri kelas X MIPA 2 SMAN 16 Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, B. (2016). Eubacteria dan Archaebacteria: Pengertian, Ciri, Klasifikasi. Tersedia online http://www.academia.edu/8580706/ Ciri_ dan_ Klasifikasi_ Archabacteria_dan_Eubacteria [30 Oktober 2018]

Arjuna. (2018). Pengertian Jenis Bakteri Autotrof dan Bakteri Heterotrof Beserta Contohnya dan Penjelasannya. Tersedia Online https://e-the-l.blogspot.com/2018/02/pengertian-jenis-bakteri-autotrof-dan.html. [18 Januari 2018].

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Bumi aksara: Jakarta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Dani, I. (2015). Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Peranan Archaebacteria. Tersedia Online. http://pak.pandani.web.id/2015/09/ciri-ciri-klasifikasi-dan-peranan.html [22 Januari 2018]

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Dhufry, N, F. (2017). Mikrobiologi dan Parasitologi "Bakteri". Tersedia Online https://www.slideshare.net/NurFitrianiDjufry/mikrobiologidanparasitologi-bakteri. [18 januari 2019].

Dwiranti. (2014). Archaebakteria dan Eubakteria. Tersedia online https://www.slideshare.net/1000guru/3-archaeobacteria-dan-eubacteria. [30 Oktober 2018]

Frankel & Wallen. (1993). How To Desaign And Evaluate Researc In Education: McGRAW-HIL. Singapure.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung.

Insiyah, Marhaeni, & Natajaya. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Atlas Taktual Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV, V, VI Semester II Slb A Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5, No 1 Tahun 2015.

Jiwanjaya, Y. (2016). Cocus,Bacillus,dan Spiral,Bakteri Berdasarkan Bentuknya. Tersedia Online. https://www.biologiedukasi.com/2016/03/cocus-bacillus-dan-spiral-bakteri.html . [22 Januari 2018].

Mudjiman. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Matematic Preparation And Conceptual Learning Gains In Physien: A Possible “Hidden Variabel ” In Diagnostic Pretest Score “ American Journal Of Physics. Vol. 70. No 7. Hal 120-137

Pandu, K. (2016). Klasifikasi Bakteri Berdasarkan Dinding Sel, Flagel, dan Cara Hidupnya. Tersedia Online http://www.ebiologi.net/2016/08/klasifikasi-bakteri-jenis-jenis.html. [18 Januari 2018].

Pelczar & Chan. (2006). Dasar-Dasar Mikrobiologi 1. Universitas Indonesia: Jakarta.

Rasyid, H. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Wacana Prima: Bandung

Sudirman. (2007). Aktivitas Belajar. Rineka Cipta: Jakarta

Sudjana, D. (2010). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Pendidika. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penlitian. Alfabeta: bandung.

Slameto. (2010) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Slavin. (2011). Cooperative Learning . Nusa Media: Bandung

Syanas, Mulyani & Saputro. (2016). Penerapan Model Learning Together (LT) Dilengkapi Dengan Kartu Pintar untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Kimia Materi Stoikiometri Siswa Kelas X Mia-1 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 5 No. 1.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Pustaka Setia: Bandung
Tirtarahadja & Sulo. (2010). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Trisnaning, Cahyati, & Wiyanto. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Profesi Keguruan. Vol 3 (2).

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif. Pustaka Setia: Bandung.

Wulandari, A. (2010). Metode Penelitian. tersedia onilne http://www.Trinoval.web.id.200/04/jenis-uji-statistik.html.[5 November 2018]

Wulansari, D. (2015). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan: Euphorbiales, Myrtales, dan Solanales Sebagai Sarana Identifikasi. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.4 No.3.

Yasa, D. (2008). prestasi dan aktivitas belajar. Tersedia online Http://ipotes.wordpress.com/2011/0/24/aktivitas-dan-prestasi-belajar-. [26 Desember 2018]
Published
2019-10-25
How to Cite
Sari, M., & Zega, L. R. (2019). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN ATLAS BAKTERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 140-147. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3570
Section
Article
Abstract viewed = 349 times
PDF downloaded = 324 times

Most read articles by the same author(s)