Optimalisasi Pemanfaatan Microsoft Power Point dalam Pembuatan Materi Ajar yang Kreatif Bagi Guru SMK Nurul Iman di Era New Normal

  • Guntoro Barovih Teknik Informatika, STMIK Palcomtech
  • Febria Sri Handayani STMIK Palcomtech
  • Stevanius Lie STMIK Palcomtech
Keywords: Pandemic Covid-19, Kreatifitas, Inovasi, Presentasi

Abstract

Pandemic Covid 19 telah merubah seluruh kebiasaan hidup manusia tidak hanya mengubah pola hidup tetapi juga mengubah kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan belajar dan mengajar saat ini berubah yang sebelumnya tatap muka secara langsung, sekarang berubah menjadi tatap muka secara virtual menggunakan aplikasi video converence. Salah satu efek dari kegiatan belajar secara daring yang dirasakan oleh para peserta didik adalah kejenuhan dalam belajar. Maka harus ada inovasi yang dilakukan oleh para guru sebagai pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan penggunaan slide presentasi yang menarik, kreatif dan inovatif. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pelatihan membuat slide presentasi yang interaktif dan menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah menggali potensi guru dalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan menarik menggunakan Microsoft Power Point untuk disampaikan sehingga para peserta didik semakin focus dan tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar. Selain itu mengintegrasikannya dengan aplikasi pembelajaran dalam jaringan lainnya. Hasil dari kegiatan ini banyak didapatkan guru-guru yang paham dalam menggunakan tools media presentasi baik dalam bentuk offline tools maupun online tools..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, Ilham. 2016. “Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(2):81–88.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2(2):81–89.

Fitriani, Nur Intan, and Beni Setiawan. 2018. “Efektivitas Modul Ipa Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2(2):71.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1):65–70.

Istiani, Rina Munawar, and Amin Retnoningsih. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.” Journal of Biology Education 4(1):70–80.

Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. 2020. “ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) 4(2):30–36.

Pratiwi, Ika Ari, Sekar Dwi Ardianti, and Moh. Kanzunnudin. 2018. “PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(2):177–82.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6(2):109–19.

Sari, Martala, Sri Utami Lestari, and Raudhah Awal. 2018. “Peningkatan Ketrampilan Mahasiswa Dalam Pengelolaan Sampah Organik Untuk Mewujudkan Green Campus Di Universitas Lancang Kuning.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):193–96.

Wahyono, Poncojari, H. Husamah, and Anton Setia Budi. 2020. “Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1(1):51–65

Costaner, L., Guntoro, G., & Lisnawita, L. (2018). PELATIHAN KETERAMPILAN MEMBUAT SLIDE PERSENTASI EFEKTIF DENGAN EFEK GRADASI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNILAK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 322-327. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1469

Patty, J. C., Lopulissa, D. R., & Pattiasina, I. L. (2021). Peningkatan Mutu Prestasi & Minat Bakat SMTPI Jemaat Bethesda melalui aplikasi Microsoft Power Point. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 783-787. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.7105

Published
2021-10-24
How to Cite
Guntoro Barovih, Febria Sri Handayani, & Stevanius Lie. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Microsoft Power Point dalam Pembuatan Materi Ajar yang Kreatif Bagi Guru SMK Nurul Iman di Era New Normal. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1097-1106. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7065
Abstract viewed = 898 times
PDF downloaded = 557 times