Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning

  • Sri Wahyuni
  • Refika Andriani Universitas Lancang Kuning
  • Mar’atul Afidah Universitas Lancang Kuning
Keywords: google form, media evaluasi, hybrid learning

Abstract

SMA Budhi Luhur Pekanbaru sebagai mitra dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki masalah terkait dengan penggunaan media digital dalam penyelenggaraan evaluasi online selama implementasi model pembelajaran hybrid. Sebagian besar guru di sekolah mitra ini kurang terampil dalam menggunakan dan mengembangkan platform pembelajaran online dalam model pembelajaran hybrid learning. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan bagi guru-guru di sekolah mitra untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menggunakan platform pembelajaran sebagai media evaluasi online. Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2022 dengan peserta sebanyak 10 orang. Program ini berjalan dalam dua sesi. Pertama, guru diberikan wawasan dan motivasi terkait dengan penggunaan evaluasi online dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, tim pelaksana kegiatan memberikan simulasi pada guru dengan membuat soal tes atau evaluasi online memanfaatkan google form. Berdasarkan hasil analisis data dari pretes dan postes dapat diketahui bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada pengetahuan dan kompetensi guru dalam membuat tes online menggunakan google form. Adapun luaran dari program ini adalah artikel ilmiah yang diterbitkan pada media massa online dan jurnal nasional terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Kasriyati, D. (2020, April). Android Apps in EFL Classroom Environment: Improving Students’ Learning Outcomes in Translation. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 469, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.
Andriani, R., Syaifullah, S., & Kasriyati, D. (2021). Online Learning in Pandemic Covid-19. ELT-Lectura, 8(2), 148-156.
Arifudin, Ircham. (2020). Pemanfaatan Google Form untuk Pengumpulan Data dan Informasi dengan Cepat. from: https://www.kompasiana.com/irhamzuhroya/5e61fbc9097f3615d17a64b2/pemanfaatan-google-form-untuk-pengumpulan-data-informasi-dengan-cepat.
Conny, Semiawan. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini. Jakarta: PT. Prehallindo.
Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Retrieved from: https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/
Hamalik, Oemar. (2004). Kemampuan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kurniawan, K., Andriani, R., & Kasriyati, D. (2017). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Sekecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68-73.
Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158-166.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6 (2).
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2).
Published
2023-04-29
How to Cite
Wahyuni, S., Andriani, R., & Afidah, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 419-425. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.13606
Abstract viewed = 223 times
PDF downloaded = 191 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>