Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran

  • Arlian Firda Universitas Lancang Kuning
  • Mar’atul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni
Keywords: Pembelajaran, Virtual Lab

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh mitra saat ini yaitu: Guru dan siswa belum mengetahui manfaat laboratorium virtual dalam kegiatan pembelajaran, serta Guru dan siswa belum memanfaatkan laboratorium virtual dalam kegiatan pembelajaran. Tim pengabdian menawarkan solusi permasalahan yang dihadapi mitra memberikan bimbingan teknis menggunakan aplikasi laboratorium virtual bagi guru dan siswa yang menjadi mitra tersebut. Sebagai upaya mengembangkan kualitas pembelajaran sesuai dengan kebutuhan revolusi industri 4.0. Target dalam kegiatan ini adalah mitra mendapatkan peningkatan pemahaman terkait pentingnya pengintegrasian laboratorium virtual dalam aktivitas pembelajaran dan keterampilan guru dan siswa dalam mengoperasikan perangkat laboratorium virtual dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan ini peserta juga diberikan angket untuk menilai sejauh mana penilaian mitra terhadap penerapan virtual lab. dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldrich, C. (2009). Learning Online with Games, Simulations, and Virtual Worlds. John Wiley& Sons: San Fransisco

Burnett, C. (2010). Technology and literacy in early childhood educational settings: A review of research. Journal of Early Childhood Literacy. Vol. 10.

Handayani, F. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif Vol. 3 No. 2.

Parker, L.L. (2008). Technology-mediated learning environments for young English language learners: connections in and out of schools. Lawrence Erlbaum Associates. New York.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Suwardi. (2007). Manajemen pembelajaran: menciptakan guru kreatif dan berkompetensi. PT. Temprina Media Grafika: Surabaya.

Yamasari Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pascasarjana X. ITS Surabaya. Surabaya 7 Agustus 2010.

Wiyanto. (2008). Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. UNNES Press: Semarang.

Published
2021-10-20
How to Cite
Arlian Firda, Mar’atul Afidah, & Wahyuni, S. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1299-1304. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.3495
Abstract viewed = 329 times
PDF downloaded = 244 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>