Pemanfaatan Radio untuk Mengatasi Keterbatasan Jaringan Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi

  • Amin Mustajab STKIP MELAWI
  • Tri Syamsijulianto Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi
  • Mohammad Zaky Tatsar M.A Almaarif Singosari Malang
  • Rian Priyadi Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Batang Hari
Keywords: Pemanfaatan Radio, Pembelajaran Daring, Pandemi

Abstract

Masa pademi COVID-19 mengakibatkan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Pembalajaran daring berbasis internet tidak dapat dilaksana di daerah terpencil yang sulit mengakses jaringan internet seperti didaerah perbatasan Entikong. Dilain pihak, pembelajaran harus tetap dilaksanakan sehingga di perlukan solusi lain kegiatan pembelajaran daring. Program pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan pembelajaran daring menggunakan media radio dilaksanakan dengan bekerja sama dengan RRI Pro-1 Entikong. Program ini dilaksanakan mengingat keterbatasan akses jaringan internet pada wilayah kecamatan Entikong dan sekitarnya. Hasil dari kegiatan PKM yang dilaksanakan dapat mencakup 70% wilayah Entikong dan sekitarnya yang memiliki keterbatasan dalam mengakses internet. Selain itu, pembelajaran daring menggunakan media radio juga dapat berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan 95% pertanyaan yang diajukan sudah sejalan dengan materi pembelajaran yang disampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, B. P. (2020). Pemanfaatan Radio Sebagai Media Informasi Dan Hiburan Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi. 3(1), 10.

Anwas, O. M., Kemdikbud, P., & Martadinata, J. R. (2012). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN MEDIA MASSA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 323–327.

Arifin, H. N. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI CHOVID-19 DI MADRASAH ALIYAH AL-AMIN TABANAN. Widya Balina, 5(9), 12.

Daulay, R. S., Pulungan, H., & Noviana, A. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1, 15.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: SEBUAH BUKTI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Nasor, M. (2017). OPTIMALISASI FUNGSI RADIO SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1), 105–128.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Nurwulan, A. I., & Paputungan, I. V. (2009). PERANCANGAN RADIO STREAMING EDUKASI (STUDI KASUS BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO YOGYAKARTA). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Sihombing, L. (2018). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII.4 MELALUI PENERAPAN MODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS DI SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7.

Solviana, M. D. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19: PENGGUNAAN FITUR GAMIFIKASI DARING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.

Syahfitri, R., Sari, D. P., Wahyuni, A., Fatimah, S., & Setiawan, H. R. (2020). Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dimasa Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1, 11.

Syarifudin, A. S. (2020). IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Published
2021-04-28
How to Cite
Amin Mustajab, Syamsijulianto, T., Zaky Tatsar, M., & Rian Priyadi. (2021). Pemanfaatan Radio untuk Mengatasi Keterbatasan Jaringan Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 560-565. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4608
Abstract viewed = 797 times
PDF downloaded = 589 times