Pelatihan Strategi Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru di SDN O1 dan O5 Pluit
Abstract
Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Meskipun pembelajaran daring sudah dilaksanakan selama satu tahun lebih, guru masih kesulitan dalam pengelolaan pembelajaran daring. Kesulitan dalam pengelolaan pembelajaran ini juga terjadi pada guru-guru di SDN 01 dan 05 Pluit. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru di SDN 01 dan 05 Pluit untuk memahami dan merancang pembelajaran daring dengan berbagai strategi pembelajaran daring. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa meskipun guru belum memahami pembelajaran daring seutuhnya, guru sudah mampu merancang pembelajaran daring yang ditunjukkan dengan adanya kegiatan asinkronus dan sinkronus. Rancangan pembelajaran daring masih sangat sederhana terlihat dari pemilihan platform pembelajaran yang terbatas pada WhatsApp group dan Zoom Meetings, serta penggunaan media pembelajaran YouTube dan Quizziz. Oleh karena itu disarankan bagi SDN 01 dan 05 Pluit untuk menindaklanjuti pelatihan ini dengan pelatihan-pelatihan lain yang relevan seperti penggunaan platform pembelajaran yang mengaktifkan siswa belajar.
Downloads
References
Anwar, N., & Riadi, I. (2017). Analisis investigasi forensik whatsapp messenger smartphone Terhadap whatsapp berbasis web. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26555/jiteki.v3i1.6643
Awal, R., Wahyuni, S., & Martala, S. (2019). Pelatihan penggunaan aplikasi edmodo bagi guru SMP dan SMA SMART Indonesia Pekanbaru. 3(1), 69–75. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2218
Basuki, Y., & Hidayati, Y. N. (2019). Kahoot ! or Quizizz : The students ’ perspectives. Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference, ELLiC. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331
Baalwi, M. A. (2020). Kendala guru dalam proses pembelajaran online selama masa pandemi ditinjau dari kemampuan information technology (IT) guru. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 38–45
Y. Chaiyo and R. Nokham, "The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student's perception in the classrooms response system," 2017 International Conference on Digital Arts, Media, and Technology (ICDAMT), 2017, pp. 178-182, doi: 10.1109/ICDAMT.2017.7904957.
Buanasari, D. M. (2020). Analisis pelaksanaan pembelajaran daring bagi guru kelas rendah pada pandemi Covid-19 di SD Negeri 12 Purwodadi. Skripsi tidak dipublikasikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fauzi. (2020). Strategi pembelajaran masa pandemi Covid-19 STIT Al-Ibrohimy Bangkalan. Jurnal Al-Ibrah, 5(2), 120-145, http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/104
Fuadi, T. M., dkk. (2020). Covid-19: Penerapan pembelajaran daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 193-200, http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1022
Giyarsi. (2020). Strategi alternatif dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid 19. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(3), 224-244, https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/108
Hadisi dan Muna. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140, DOI: 10.31332/atdb.v8i1.396
Imania, K. A. & Bariah, K. S. 2019. Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal PETIK, 5(1), 31-47, DOI: 10.31980/jpetik.v5i1.445
Jumiatmoko. (2016). WhatsApp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 51-66, DOI: 10.21580/wa.v3i1.872
Kartika, A. R. (2018). Model pembelajaran daring matakuliah kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of early childhood care & education, 1(1), 26-31
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 109 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020). Penyesuaian keputusan bersama empat menteri tentang panduan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Diakses pada Agustus, 14, 2021 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Diakses pada Agustus, 14, 2021 dari http://www.sman8bpp.sch.id/data_sekolah/SE_Sesjen_Nomor_Tahu.pdf
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110, DOI: 10.24235/ileal.v3i1.1820
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12, DOI: 10.24252/asma.v2i1.13646
Mustofa, Chodzirin, dan Sayekti. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160, DOI : 10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Notanubun Z. (2017). Pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017. ISBN: 978-602-51434-0-3
Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran: sesuai kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Pradnyaswari N. P. D. (2021). Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di masa Covid-19 pada guru Sekolah Dasar. Thesis tidak dipublikasikan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha
Raharjo. (2013). Peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan KTSP: Studi tentang Efektifitas Program SSQ di Madrasah di Kabupaten Pati. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: IAIN Walisongo
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 7(20), 297-302, DOI: 10.31316/esjurnal.v7i2.768
Salsabila, U. H., dkk. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran di tengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-172, DOI: 10.22437/jiituj.v4i2.11605
Tambunan, N. (2021). Penggunaan aplikasi whatsapp pada pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas V. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7(2), 43-49, http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/2173/1692
Yusmiarti, Y. (2018). PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII.2 SMPN 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 176-183. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1078
Santi Andriyani, Yushinta Eka Farida, & DS. Drajad Wibowo. (2019). PENDAMPINGAN GURU PAUD ARI-ARI JEPARA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AUD BERBASIS BUDAYA. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 124-130. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2812
Kurniawan, K., Andriani, R., & Kasriyati, D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 68-73. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.417
Aziz, A. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SESAMA TEMAN DALAM MENINGKATMAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 52-60. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1091