Pelatihan Media Belajar Digital Bagi Guru SDIT Mutiara Pariaman Di Era New Normal
Abstract
Pandemi Covid 19 menyebabkan perubahan dalam dunia pendidikan tanpa pendidikan dalam pembelajaran siswa di sekolah. Guru memerlukan media pembelajaran yang berbasis teknologi digital guna mendukung keberhasilan proses belajar mengajar baik secara online maupun offline (tatap muka). Sementara pemanfaatan media belajar lainnya seperti LCD, video youtube atau video yang dibuat oleh guru, dan lain-lain masih sangat minim. Terkait dengan masalah minimnya literasi dan keahlian guru dalam membuat media pembelajaran, maka perlu dilakukan pendekatan psikologis untuk menambah pengetahuan/wawasan dan keterampilan guru dalam menggunakan media belajar. Solusi yang ditawarkan adalah peningkatan literasi (melalui penyuluhan) dan keahlian (melalui pelatihan) guru membuat media belajar digital yang menyenangkan bagi siswa.
Downloads
References
Bahtiar. F (2020). Sindo.com. “FSGI Sebut Masalah Pjj Hingga Kini Tak Bisa Diatasi. https://edukasi.sindonews.com/read/217158/212/fsgi-sebut-masalah-pjj-hingga-kini-tak-bisa-diatasi-1604308300
Barovih. G., Ardiansyah. M. R., & Hutanegara.D. A. (2021). Penggunaan Google Classroom Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri 170 Palembang Sebagai Platform Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7148
Haluan,com. (2020, Maret 24). “Keluh Kesah Orang Tua dengan Belajar Online saat Corona mewabah”https://www.harianhaluan.com/news/detail/90365/keluh-kesah-orangtua-dengan-belajar-o nline-saat-corona-mewabah.
Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia: Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.59-77
Murdianto, M. T. (2020). Peran Teknologi Video dalam Mendukung Pendidikan di Masa Depan. https://www.idntimes.com/life/education/muhammad-tarmizi-murdianto/peran-teknologi-video-dalam-mendukung-pendidikan-di-masa-depan/5
Rajab. M. (2020). Detik.Com. Evaluasi Dan Optimalisasi Pembelajaran Daring https://news.detik.com/kolom/d-4960905/evaluasi-dan-optimalisasi-pembelajaran-daring
Republika.co.id. (2020). “Murid Belajar di Rumah: Stres Orang Tua dan Kendala Lainnya” diambil dari https://republika.co.id/berita/q7dlrn409/murid-belajar-di-rumah-stresorang-tua-dan-kendala-lainnya
Rusli, D., Nio, S. R., Akbar & Nurmina. (2020). Psikoedukasi Online Pendampingan Anak Belajar Daring Akibat Terdampak Pandemi Covid 19. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat (PLAKAT), 2(2), 167–181.
Sandi, E. D. (2020). Kompas.Com. “Mengatasi Masalah Jaringan Internet Pjj Dengan One Teacher One” https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/11/163544071/mengatasi-masalah-jaringan-internet-pjj-dengan-one-teacher-one-server
Winahyu. A.I (2020). Dampak Pandemi Kualitas Pendidikan Alami Penurunan. https://mediaindonesia.com/humaniora/321039/dampak-pandemi-kualitas-pendidikan-alami-penurunan
Zahralubis728. (2020). Kumparan.Com. Minimnya Akses Internet saat Pembelajaran Daring di Daerah Terpencil. https://kumparan.com/zahralubis728/minimnya-akses-internet-saat-pembelajaran-daring-di-daerah-terpencil-1uUuXFLeQsv