UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII.4 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS DI SMP NEGERI 21 PEKANBARU

  • Lamria Sihombing SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar PKn siswa Kelas VII.4 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelas siswa Kelas VII.4 SMP Negeri 21 Pekanbaru, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Sebagai Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa Kelas VII.4 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 40 orang siswa. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen motivasi belajar dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Pembelajaran Kooperatif teknik keliling kelas dapat meningkatkan Motivasi Belajar PKn siswa Kelas VII.4 di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dimana dari hasil observasi terhadap 6 indikator motivasi belajar siswa pada siklus pertama menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah dengan Skor 123, dengan rata-rata persentase motivasi belajar sebesar 50.0%. Sedangkan pada siklus II mencapai skor 191 dengan kriteria sangat tinggi dan persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 77,6%. Keberhasilan ini disebabkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik keliling kelas yang meningkatkan interaksi sosial antar siswa dan antara guru dengan siswa, serta suasana didalam kelas. Pembelajaran kooperatif teknik keliling kelas juga membuat siswa merasa having fun atau senang dan bersemangat dalam belajar. Dengan kondisi tersebut akan meningkatkan penerimaan siswa dan motivasi belajarnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Pasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Angkowo dan Kosasih. 2007.Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Dimyati dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,
Etin Solihatin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Elida Prayitno.1989. Motivasi dalam belajar. Jakarta: P2LPTK
Gimin, Dkk. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Pekanbaru: FKIP. UNRI. (tidak diterbitkan).
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana,
Sardiman.2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers
Slavin, Robert E, 2008, Cooperative learning Teori, Riset dan Praktis. Bandung: Nusa Media.
Sobel dan Maletsky. 2004. Pengajaran Sains di Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia
Published
2018-06-25
How to Cite
Sihombing, L. (2018). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII.4 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS DI SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 84-90. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095
Abstract viewed = 1547 times
PDF downloaded = 999 times