Sosialisasi Pemanfaatan Jambu Air Menjadi Nata De Syzigium

  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
  • Jumiati Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni
Keywords: Jambu Air, Nata, Syzigium

Abstract

Jambu air adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak ditanam di lingkungan pekarangan rumah. Dengan cita rasa jambu air yang sedikit sepat hingga manis dan manfaatnya yang kaya akan vitamin serta pohonnya yang dapat dijadikan peneduh menjadikannya jenis favorit untuk ditanam. Masyarakat di Perum. Lancang Kuning Sejahtera (LKS) dan Villa Padma memiliki tanaman jambu air di pekarangan rumah yang belum termanfaatkan secara optimal. Salah satu pemanfaatan jambu air yang bernilai ekonomis adalah dengan membuat nata dari buah jambu air. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, peserta diberikan sosialisasi tentang pemanfaatan jambu air menjadi nata de syzigium. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilakukan diketahui terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan jambu air menjadi nata de syzigium. Rerata nilai pretest adalah 19,99 atau 20 % dan rerata nilai posttest adalah 100 atau 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanifa, Millati, H., & Haryanti, S. (2016). Morfoanatomi Daun Jambu Air (Syzygium samarangense) var. Demak Normal dan Terserang Hama Ulat. Ejournal2.undip.ac.id, Vol. 1 No. 1.

Hardiantono, B. (1992). Pedoman Praktis Budidaya Tanaman Jambu. PD Mahkota: Jakarta.

Hariyanto, B. (1992). Jambu Air. Penebar Swadaya: Jakarta.

Hasnelly, Sumartini, Dewi. (1997). Mempelajari Pengaruh Penambahan Konsentrasi Sacharomyces cereviceae dan Ammonium Fosfat pada Pembuatan Nata Kulit Nenas. Prosiding Seminar Teknologi Pangan.

Muchtadi, T. R. (1997). Petunjuk Laboratorium Teknologi Proses Pengolahan Pangan. PAU Pangan dan Gizi IPB: Bogor.

Rahayu, E. S. (1993). Bahan Pangan Hasil Fermentasi. Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi UGM: Yogyakarta.

Rukmana, R. 1997. Jambu Air (Tabulampot). Kanisius: Yogyakarta.

Tirtawanata, T. C. (1999). Makanan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Ilmu Gizi. Balai Penerbit FKUI: Jakarta.

Wahyuni, S., Sari, M., & Afidah, M. 2017. Sosialisasi dan Pelatihan Teknik Penyaringan Air di Desa Mengkapan, Siak. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1 No 1 (2017), 100-105.

Widarto. (2001). Teknologi Tepat Guna. Disampaikan pada pembekalan mahasiswa peserta KKN Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2020-03-31
How to Cite
Ermina Sari, Jumiati, & Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Jambu Air Menjadi Nata De Syzigium. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 209-213. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3285
Abstract viewed = 86 times
PDF downloaded = 127 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>