PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU AKUNTANSI SMK

  • Dudung Ma'ruf Nuris Universitas Negeri Malang
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Teknologi Informasi, Guru Akuntansi

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan Program Kemitraan Masyarakat pada guru Akuntansi di SMK adalah: (1) Meningkatkan pengetahuan guru Akuntansi SMK Kota Blitar tentang perangkat pembelajaran interaktif untuk pembelajaran akuntansi yang dapat dibuat secara online maupun offline; (2) Meningkatkan keterampilan guru akuntansi di SMK dan SMA Kota Blitar tentang cara menyusun perangkat pembelajaran interaktif untuk pembelajaran akuntansi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru akuntansi SMK untuk menyusun perangkat pembelajaran baik secara online maupun offline. Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TIK dihadiri oleh guru-guru SMK jurusan akuntansi se-kota Blitar. Kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan di aula SMKN 2 Blitar dengan melibatkan 3 orang dosen, 1 tendik dan 2 mahasiswa. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan dan pendampingan. Output dari kegiatan ini yaitu guru dapat menyusun perangkat pembelajran baik secara offline maupun online. Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut berbasis offline dengan cara memberikan pemaparan materi tentang perangkat RPP, Silabus, dan perangkat lain sesuai kurikulum K-13 yang telah direvisi. Kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TIK disaranklan dilakukan di setiap sekolah di kota Blitar yang mempunyai program keahlian akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anggrahini dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Student Active Learning Berbantuan Media Visual Math Pada Pokok Bahasan Peluang Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 5 Hal. 504-5012 Juli 2014.
[2] Chusni, Muhammad Minan. 2017. Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Saintifik Bagi Calon Guru Fisika
[3] Khairi, Ashabul. 2015. Kemampuan Pembelajaran Berbasis TIK Pada Guru SMP di Kota Padang Dalam Menyambut Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal IPTEKS Terapan Vol. 08 No. 04 2015.
[4] Mardiah, Radiatan dkk. 2013. Pengembangan Perangkat pembelajaran Untuk Peningkatan Kompetensi Ujian Nasional di Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat No. 55 Tahun 2013.
[5] Nizarwati dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme Untuk Mengajarkan Konsep Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 Desember 2009.
[6] Santi, Dewi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Kadikma Vol. 6 No. 1 hal 85-94 April 2015.
[7] Susetya, Beny. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SDN Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 02 Desember 2017.
[8] Syahbana, Ali. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Edumatica Vol. 02 No. 02 Oktober 2012.
[9] Wulandari, Raifi dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Pancaran Vol. 3 No. 1 Februari 2014.
[10]Yuniarti, Titik dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP se-Kabupaten Karanganyar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 9 hal 911-921 November 2014.
Published
2018-12-19