PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IX. 7 SMP 21 KOTA PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER

  • Elida Elida SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian iniĀ  bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dapat meningkatkan motivasi belajar Mata pelajaran PKn siswa kelas IX. 7 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan, mulai dari bulan Agustus 2015. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa observasi motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Pembelajaran Kooperatif tipe number heads together dapat meningkatkan Motivasi Belajar PKn siswa kelas IX. 7 SMP 21 Kota Pekanbaru. Dimana pada siklus I persentase motivasi belajar yang diperoleh siswa hanya 50,4%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 76,9%. Artinya terjadi peningkatan persentase sebesar 26,5% dari siklus I ke siklus II. Keberhasilan ini disebabkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe number heads together mendorong siswa untuk lebih aktif mengungkapkan ide dan pendapatnya, juga menumbuhkan rasa tanggung jawab pada setiap siswa untuk membantu teman sekelompoknya. Suasana pembelajaran juga membuat siswa merasa menikmati, senang dan bersemangat dalam belajar. Dengan kondisi tersebut akan meningkatkan motivasi belajarĀ  siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta. Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elida Prayitno. 1989. Motivasi dalam belajar. Jakarta: P2LPTK.

Etin Solihatin 2007. Cooperatif Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara.

Gimin, Dkk. 2008. Instrumen dan Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru. Makalah Pelatihan

Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Unesa University Press. Surabaya.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lie Anita. 2002. Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.

Muslich Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual Panduan Bagi Guru Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi aksara.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.

Slavin Robert E. 2008. Cooperative learning Theori Reseach and Practice. Boston: Allyn and Bacod.

Published
2018-06-26
How to Cite
Elida, E. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IX. 7 SMP 21 KOTA PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 135-143. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1077
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 34 times