Education on Clean and Healthy Living behavior through education and assistance to Farmer Groups in Kendal Regency

  • yuyun darma ayu ningrum Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Universitas Islam Sułtan Agung Semrang
  • Ika Buana Januarti Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
Keywords: Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Peningkatan Kesehatan, Edukasi

Abstract

Abstrak

Tingginya kesadaran akan Kesehatan dalam masyarakat masih menjadi masalah, Penyebab umumnya adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya memelihara kesehatan sebagai upaya mengurangi resiko dalam penyakit dalam Perilaku hidup bersih dan Sehat (PHBS). Program PHBS dalam pemerintahan sudah dilaksanakan akan tetapi bekum cukup optimal. Hal ini dintanda dengan masih tingginya angka kematian ibu dan Anak, gizi buruk, penyakit menular dan tidak menular, gaya hidup tidak sehat. Tujuan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mendukung program pemerintah dalam PBHS dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidu bersih dan sehat guna menurunkan resiko terjadinya penyakit. Pengabdian masyarakat dilakukan pada Kelompok Tani di Sumber Makmur di kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Metode kegiatan dimulai dengan tahapan observasi penyebab kurangnya kesadaran perilaku PHBS dilanjurkan dengan tahapan advokasi terhadap sumber penyebab. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat terjadi peningkatan pengetahuan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat pada Kelompok Tani Sumber Makmur. Peningkatan pengetahuan antara lain pentingnya mempunyai sarana air bersih, jamban yang bersih, kebiasaan merokok yang tidak baik, pembuangan sampah pada tempatnya, dan konsumsi makanan bergizi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indriawati, R. & Darmawati, I. Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Era COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5, 458–465 (2021).

Hajiyanti Makatita, S. Upaya Pencegahan Covid-19 Melalui Edukasi PHBS Pada Masyarakat Desa Saliong. BAKTI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, 17–27 (2021).

Pipin, A. et al. Penerapan Program Care Each Other (Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi COVID-19) di Panti Asuhan Aisyiyah DKI Jakarta. J-HICS Journal of Health Innovation and Community Service vol. 1 https://jurnal.stikesbanyuwangi.ac.id/index.php/JHIC/index (2022).

Anugrah Utami, F. & Sani, F. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia. vol. 1 (2021).

Hajiyanti Makatita, S. Upaya Pencegahan Covid-19 Melalui Edukasi PHBS Pada Masyarakat Desa Saliong. BAKTI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, 17–27 (2021).

Patandung, V. P. et al. Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 1. An Idea Health Journal 2, 41–48 (2022).

Nasution, A. S. Edukasi PHBS di Tatanan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perilaku Sehat. Jurnal Abdidas 1, 28–32 (2020).

Eka Saputra, N. et al. Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Orang Rimba Melalui Pembinaan Phbs Rumah Tangga The Attempt To Improve Knowledge And Skill Of Clean And Healthy Behavior (Phbs) Among Orang Rimba By Developing A Household Phbs 1). (2018).

Pratiwi, D., Rosalina Tjandrawinata, Komariah & Andy Wirahadikusumah. Pembinaan Secara Online Perilaku Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19 Pada Warga Ciater, Serpong. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, 1579–1586 (2021).

Anugrah Utami, F. & Sani, F. Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia. vol. 1 (2021).

Asih, R., Arsil, Y., Gizi, J., Kesehatan, P. & Riau, K. Penerapan Cara Produksi Pangan Yang Baik Pada Irt Bawang Goreng Kota Pekanbaru. Pengabdian Kepada Masyarakat 3, 221–227 (2019).

Published
2023-08-21
How to Cite
ningrum, yuyun darma ayu, & Januarti, I. B. (2023). Education on Clean and Healthy Living behavior through education and assistance to Farmer Groups in Kendal Regency. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 1013-1017. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.15079
Abstract viewed = 75 times
PDF downloaded = 89 times