Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru

  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Nuraini Universitas Lancang Kuning
Keywords: Peran Guru, Perkembangan Moral, Anak Usia Dini

Abstract

Peningkatkan perkembangan moral pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Kecamatan Tenayan Raya peran guru yaitu masing masing PAUD memberikan cara tersendiri antara lain di PAUD Tenayan Raya dengan cara berperan seperti orang tua mereka dirumah menjadikan mereka seperti anak sendiri tetapi kami memberikan pembelajaran etika dan moral di dalam kelas sesuai dengan peraturan sekolah dan norma yang berlaku dimasyarakat. Tidak jauh berbeda dengan PAUD Berkah Ceria, PAUD Mekar Seruni, PAUD Sabarina, PAUD Nurul Makwadan PAUD Cahaya Bunda. Berdasarkan hasil dari penelitian cara guru dalam  mengatasi permasalahan moral yang ada terhadap anak di PAUD Kecamatan tenayan raya, masing masing PAUD melakukan penyelesai persoalan dikelas dengan cara memberikan contoh dari konsekwensi yang didapat apabila anak melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai moral yang berlaku, contohnya PAUD Baitul Amal mereka membiasakan anak-anak untuk bersikan santun sesuai dengan moral yang berlaku begitu juga dengan PAUD Berkah Ceria, PAUD Mekar Seruni, PAUD Sabarina Kids PAUD Cahaya Bunda dan PAUD Nurul Makwa. memiliki ketentuan masing masing dalam mengatasi permasalahan moral tersebut, sehingga anak - anak terbiasa menjalankan sikap yang baik yang telah diajarkan disekolah untuk diterapkan di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan khusunya lingkungan rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hidayat, Otib Satibi. 2008. Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
[2] Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[3] Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
[4] Satori, Djam’an dan Komariah,Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
[5] Sjarkawi. 2009. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
[6] Wiyani Ardy, Novan M.pd.I.Bina Karakter Anak Usia Dini.Jogjakarta : Ar-ruzz Media,2012
[7] Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2).
Published
2019-10-31
How to Cite
Wahyuni, S., & Nuraini. (2019). Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 78-87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3350
Abstract viewed = 1830 times
PDF downloaded = 1218 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>