PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STANDING BANNER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH BIOLOGI KONSERVASI

  • Marta Dinata Universitas Lancang Kuning
  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
Keywords: Model Pembelajaran Standing Banner Learning, Hasil Belajar, Biologi Konservasi

Abstract

Model pembelajaran ini merupakan pengembangan model pembelajaran kooperatif yang mana dalam kelas mahasiswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2 sampai 5 orang. Sebelum melakukan pembelajaran setiap kelompok diberi tugas sesuai sub materi untuk membuat banner sebagai media dan bahan diskusi. Untuk pertemuan berikutnya kelompok 1 akan mempresentasikan sub materi 1 dengan bantuan media standing bunner. Kemudian kelompok yang kurang paham dengan penjelasan diberi kesempatan bertanya. Setelah itu kelompok tersebut akan menyimpulkan pembelajaran tersebut. Kemudian dosen akan merefleksi pembelajaran yang telah dijelaskan. Model pembelajaran standing bunner learning diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk memahami pembelajran yang bersifat abstrak, memfokuskan perhatian mahasiswa pada pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan dilakukan di prodi pendidikan biologi pada matakuliah biologi konservasi. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Februari 2020 sampai dengan Oktober 2020. Objek penelitian adalah mahasiswa yang terdiri 3 kelas. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar, aktifitas mahasiswa dan aktifitas dosen. Analisis data menganalisa persentase daya serap, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal dan aktifitas dosen dan mahasiswa. Disimpulkan bahwa penerapan standing banner dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar biologi, baik untuk aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa pada pokok bahasan biokonservasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimin. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rienka Cipta.
Muizaddin, R dan Santoso, B. (2016). Model Pembelajaran Core Sebagai Sarana Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. Volume 1, nomor 1, Agustus 2016 halaman 235 – 243
Djamarah, dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful. (2003) Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ibrahim, Muslimin. (2006). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University
Press.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja
Rosdikarya.
Surya, Mohammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Triarini, I.D. (2005). “Peran Kognitif dan Metakognitif dalam Proses Pembelajaran”.
Jurnal Psikologi Sosial Vol. 13 No. 3
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2020-10-25
How to Cite
Dinata, M., & Khudri Sembiring, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STANDING BANNER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH BIOLOGI KONSERVASI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 183-186. https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5310
Section
Article
Abstract viewed = 485 times
PDF downloaded = 309 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>