PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STANDING BANNER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH BIOLOGI KONSERVASI
Abstract
Model pembelajaran ini merupakan pengembangan model pembelajaran kooperatif yang mana dalam kelas mahasiswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2 sampai 5 orang. Sebelum melakukan pembelajaran setiap kelompok diberi tugas sesuai sub materi untuk membuat banner sebagai media dan bahan diskusi. Untuk pertemuan berikutnya kelompok 1 akan mempresentasikan sub materi 1 dengan bantuan media standing bunner. Kemudian kelompok yang kurang paham dengan penjelasan diberi kesempatan bertanya. Setelah itu kelompok tersebut akan menyimpulkan pembelajaran tersebut. Kemudian dosen akan merefleksi pembelajaran yang telah dijelaskan. Model pembelajaran standing bunner learning diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk memahami pembelajran yang bersifat abstrak, memfokuskan perhatian mahasiswa pada pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan dilakukan di prodi pendidikan biologi pada matakuliah biologi konservasi. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Februari 2020 sampai dengan Oktober 2020. Objek penelitian adalah mahasiswa yang terdiri 3 kelas. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar, aktifitas mahasiswa dan aktifitas dosen. Analisis data menganalisa persentase daya serap, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal dan aktifitas dosen dan mahasiswa. Disimpulkan bahwa penerapan standing banner dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar biologi, baik untuk aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa pada pokok bahasan biokonservasi.
Downloads
References
Muizaddin, R dan Santoso, B. (2016). Model Pembelajaran Core Sebagai Sarana Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. Volume 1, nomor 1, Agustus 2016 halaman 235 – 243
Djamarah, dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful. (2003) Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ibrahim, Muslimin. (2006). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University
Press.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja
Rosdikarya.
Surya, Mohammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Triarini, I.D. (2005). “Peran Kognitif dan Metakognitif dalam Proses Pembelajaran”.
Jurnal Psikologi Sosial Vol. 13 No. 3
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2020 Bio-Lectura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.