PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SUNGAI MANDAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mengunakan media alat peraga torso untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMAN 1 Sungai Mandau Siak Tahun Ajaran 2021/2022 pada semester genap bulan Januari 2022. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, dengan menggunakan desain the matching only pretest posttest control design sample penelitian adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa masing-masing pada kelas eksperimen 31 dan kontrol 27 yang diambil dengan teknik Total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data didalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0.25 (rendah), sedangkan pada kelas eksperimen 0.56 (sedang). Hasil uji-t N-Gain didapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan ekspermen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengunakan alat peraga torso pada materi sistem pernapasa sangat efektif dilakukan pada kelas XI SMAN 1 Sungai Mandau Tahun Ajaran 2021/2022
Downloads
References
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifin Zainal. (2009). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja rosdakar.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad Azhar, (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Press.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran.: Raja Grafindo Persada. Jakarta
Aunurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.
Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2008) h.265.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran: Satu Nusa Bandung
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Elina Anita Sibarani, (2014). “Penerapan Metode Diskusi Melalui Media Torso Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa XI IPA SMA N 2 Sorong”. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Hamzah, Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 121. 5
Kunandar.2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada
Nurbatni. (2005). Alat Peraga. Jakarta: Tarsito.
Pratiwi, Dian., Suwatra., & Suarjana. (2012). Pemanfaatan Media Torso Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 2 Paket Aung Singaraja.
Rustaman, A. 2001. Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand Out Bahan Pelatihan Guru-guru IPA SLTP se Kota Bandung di PPG IPA. Depdiknas.
Sardiman. A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sitepu, B.P., 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali Press
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarwan. D 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV Pustaka Setia: Bandung
Sudjana, N dan Rifai, A. (2007). Media Pengajaran Bandung: Sinar Baru
Sugiharto, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.