PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI SISWA DI SMP SWASTA HKBP SIMANTIN PANE

  • Hasmi Syahputra Harahap Universitas Labuhan Batu
  • Julion Turnip SMP Swasta HKBP Simantin Pane
  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Inkuiri Terbimbing, Proyek dan Tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis Biologi siswa di kelas VIII SMP Swasta HKBP Simantin Pane Kabupaten Simalungun. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara total sampling. Kelas VIII-A dibelajarkan dengan dengan metode Inkuiri Terbimbing, kelas VIII-B dibelajarkan dengan metode Proyek, dan kelas VIII-C (kontrol) dibelajarkan dengan metode Tradisional. Instrumen penelitian menggunakan instrument kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis (F= 34,519; P= 0,000). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing (79,06 ± 4,651) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan metode proyek (72,06 ± 4,134), maupun model tradisional (69,70 ± 5,459). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem peredaran darah pada manusia dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afcariono, M. 2008. Penerapan Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2) : 65-68.
Ariyati, E. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA, 1(2) : 1-11.
Brickman, P., C. Gormally, N. Armstrong, B. Hallar. 2009. Effects of Inquiry based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(2):1-22.
Bruner, J. 1986.Actual minds, possible worlds. Cambridge, MA: Harvard University.
Ennis, R. H., W. L. Gardiner, R. Morrow, D. Paulus, dan L. Ringel. 1964. The Cornell Clas-Reasoning Test, Form X. Champaign: Illinois Critical Thinking Project, Department of Edicational Policy Studies, University of Illinois at Urbana-Champaign.
Fitrah. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Media Vidio Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan, Medan: Program Pascasarjana Unimed.
Galbreath, J. 1999. Preparing the 21st Century Worker: The Link Between Computer-Based Technology and Future Skill Sets. Educational Technology.Desember: 14-22.
Jhonson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
Jufri, 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Lasmawan, I Wayan. 1997. Pengembangan Model Belajar Cooperative Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Studi Pengembangan IPS di SD Kota Bangli-Bali Kelas V). Tesis Program Pasca Sarjana UPI: Tidak Diterbitkan.
Laurina. 2007. Efektifitas Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN Pademawu Pamekasan. Skripsi (diakses November 2013) di http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/3098.
Lawson, A.E. 2000. Managing the Inquiry Classroom: Problem and Solutions. The America Biology Teacher. 62 (9) ;641-648.
Lubis, J. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Menggunakan Video Pembelajaran dan Camtasia Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tentang Kultur Jaringan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Medan: Program Pascasarjana Unimed.
Mustaji. 2013. Pengembangan Kemamupan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Artikel (diakses pada 9 April 2013) di http://www.tp.ac.id.
Quitadamo, I. J., C. L. Faiola, J. E. Johnson, and M. J. Kurtz. 2008. Community-based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. Article. CBE-Life Sciences Education, (7) : 327-337.
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wirtha, I.M. & Rapi, N.K. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran dan Penalaran Formal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Lembaga Pendidikan Undiksha, 1(2): 15-29.
Published
2020-04-25
How to Cite
Harahap, H. S., Turnip, J., & Sembiring, A. K. (2020). PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI SISWA DI SMP SWASTA HKBP SIMANTIN PANE. Bio-Lectura, 7(1), 23-35. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4002
Section
Article
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 45 times

Most read articles by the same author(s)