PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs JABAL NUR KANDIS T.A 2017/2018

  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
Keywords: creative problem solving, hasil belajar, sistem pencernaan manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November di MTs Jabal Nur Kandis kelas VIII Semester I Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the maching only pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIIIB dengan jumlah siswa 26 dan kelas eksperimen VIIIA dengan jumlah siswa 28. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji-t independent 2 sample. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,67 (sedang) dan pada kelas kontrol 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan uji dan independent sample terdapat perbedaa signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini diketahui dari nilai sig (2-tailed) posttest 0,000 < 0,05 dan nilai sig (2-tailed) posttest 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianti. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Teknik Examples Non Examples Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa (Siswa Kelas XI MAN 2 Jember). Pancaran. Vol. 2, No. 3, Hal 187-200.
Adhani.(2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Kemampuan Akademik Terhadap Aktivitas Lisan Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 2, Nomor 3.
Arikunto. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Bumi Aksara:Jakarta
Djamarah. (2011). Strategi Pembelajaran Kooperatif. Rieneka Cipta: Jakarta.
Ekawana. (2011). Peningkatan Hasil Pembelajaran. Alfabet: Bandung.
Fatoni. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Kursi Panas Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Gugur Ir. Soekarno. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 2, Nomor 13, Hal 17-24
Frankel & Wallen. (2009). How To Design and Evalute In Education: McGRAW-HILL: Singapore.
Hamalik. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara:Jakarta.
Kamalia. (2012). Pengembangan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Karen. (2013). Langkah-langkah Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Kunandar. (2013). Belajar & Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Meltzer, D.E (2008). The Reletionship Betwaan Matematics Preperation and Conceptual Learning Gainsing Physion : A Possible “Hindden Varaible” In Dianotic Pretes Score American Journal Psysics. 70. Vol. 2, No. 3, Hal. 7-9
Muslich. (2013). Manfaat Model Pembelajaran. Rieneka Cipta: Jakarta.
Nakin. (2013). Langkah-Langkah Berbagai Model Pembelajaran. Bumi Aksara:Jakarta.
Nurendi. (2013). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Sidoarjo. Pedagogia, volume 2, Nomor 1. Hal 84-97
Purwanto. (2011). Proses Pembelajaran dalam Interaksi dengan Lingkungan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sardiman. (2011). Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sanjaya. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Prenada Media Group: Jakarta.
Sasrawan. (2012). Pola Interaksi Makhluk Hidup. Tersedia http://www.Trinoval. Web.id. (05 Maret 2013).
Syamsuduha. (2012). Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 15, No. 1, Hal 18-31
Siswandi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pendidikan. volume 3, Nomor 1, Hal 72-81
Slameto. (2013). Belajar dan Fakto-Faktor yng Mempengaruhinya. Rieneka Cipta:Jakarta.
Sumardi. (2012). Belajar dan Fakto-Faktor yang Mempengaruhinya. Rieneka Cipta:Jakarta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Alfabet: Bandung.
Supriyana. (2013). Ipa Terpadu Jilid 2. Erlangga: Jakarta
Trianto. (2011). Model Pembelajaran. prenamedia Group: Jakarta
Uno. (2012). Model Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Winkel. (2012). Hal-Hal yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Published
2018-04-25
How to Cite
Wahyuni, S., & Sembiring, A. K. (2018). PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs JABAL NUR KANDIS T.A 2017/2018. Bio-Lectura, 5(1), 111-118. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/3559
Section
Article
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 15 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>