Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai

  • Heleni Filtri Universitas Lancang Kuning
  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
Keywords: Tingkat Pendidikan, Perkembangan Kognitif

Abstract

Abstrak

"Pendidikan adalah kesadaran untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan luar sekolah dan berlangsung seumur hidup", yang dilaksanakan di dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Suatu lembaga pendidikan pasti mengharapkan tercapainya tujuan pendidikan yang mana dapat membantu terwujudnya tujuan nasional. Keterpaduan pendidikan baik keluarga, sekolah dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan dalam dunia pendidikan. Keluarga merupakan lembaga pendidikan tertua, yang pertama dan utama dialami oleh anak dan lembaga pendidikan yang bersifat kodrat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal hakekatnya merupakan lembaga yang mendapat kepercayaan dari orang tua untuk mendidik anak-anaknya dengan tanggung jawab yang terbatas, sesuai dengan fungsi dan tujuan lembaga pendidikan tersebut. Orang tua khususnya ibu mempunyai andil keberhasilan anaknya. Ibu adalah pendidik pertama, utama dan kodrat. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan judul " Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di tinjau dari tingkat Pendidikan Ibu Berdasarkan hasil data penelitian yang ditemukan bahwa tingkat pendidikan ibu dengan kategori sarjana lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang tingkat pendidikan SLTA/SMK dan SLTP dalam hal mengoptimalkan perkembangan kognitif anak Rumbai Kota Perkanbaru

 

Abstract

Education is understanding to develop the personality and in and out of school and lasted for hidup' , which was carried out within the family , schools and the community .An institution must expect the achievement of the aims of education where it can help maintaining national goals .Both the integrated education , schools and community it is the success in education sector .The family was the oldest educational institutions , first and foremost for children and educational institution that is nature .Schools as formal educational institutions is a substance that was commissioned from parents to educate anak-anaknya with limited responsibility , in accordance with its function and purpose the educational institutions. Parents especially mother have a share the success of his son.Mother is educator first, main and partaking. Research methodology used is descriptive quantitative.Based on the research done with a title ' cognitive development children aged 5-6 years in review of the education level of mothers based on the results of lab data found that the education level of mothers to a category scholar higher than with the levels of education senior high school and vocational and junior high school in terms of optimize cognitive development children tassel city perkanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Sujanto, Halem Lubis, Taufik Hadi. 2005. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Anoraga. 2001. Psikologi Kerja. Jakarta. Rineka Cipta.
Anas Sujiono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Arikunto. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. RemajaRosdakarya
Depdikbud.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka
Goleman, Daniel. 2006. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat. 2002. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta
Kartini Kartono, (2007). Perkembangan Psikologi Anak. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 85. 2009. StandarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Rosmala Dewi.2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Solehuddin. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: UPI Press. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Filtri, H. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 49-57.
Reswita, R., & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), 43-51.Syamsu Yusuf. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarlito Wirawan Sarwono. 2005. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta. Bulan Bintang.
Handoko, Hani, T. 2001. “Manajemen Personalia dan Sumber Daya
Manusia”Edisi 2.BPFE.Yogyakarta.
Woolfson, Richard. 2004. Saudara Kandung. Jakarta: Erlangga.
Published
2018-04-02
How to Cite
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169-178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175