PENGARUH THINK PAIR SHARE DISERTAI STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU

  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
  • Deni Deni Universitas Lancang Kuning
Keywords: think pair share, standing banner, sistem pencernan manusia, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan November 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen metode the matching only pretest-posttest control group designs, sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Penggumpulan data dilakukan melaui pretest, posttest, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain kelas kontrol 0.54 kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 0.68 kategori sedang. Hasil uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner  terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji. (2015). Sistem Pencernaan pada Manusia. Tersedia Online. Https://Slideplayer.Info/Slide/2866875/. [10 November 2018. Pukul 10.30 WIB]

Arikunto, S. (2011).Prosedur Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Handayani, W, C. (2017). Pengaruh Pembelajaran TPS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Volume 4 No 2.

Hamalik.(2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya University Press: Surabaya

Kresnoadi. (2018). Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia. Tersedia online https://blog.ruangguru.com/gangguan-organ-pencernaan-manusia.[10 November 2018. Pukul 10.30 WIB]

Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Matematic Preparation And Conceptual Learning Gains In Physien: A Possible “Hidden Variabel ” In Diagnostic Pretest Score “ American Journal Of Physics. Vol. 70. No 7. Hal 120-137

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Pustaka belajar: Yogyakarta.

Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah Untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Media Banner. Bioedukasi Jurnal Pendidikan biologi.Vol. 7. No 1.

Sardiman.(2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada Media Jakarta.

Sugiyono.(2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono.(2009) Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta : Bandung.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Remaja. Rosdakarya: Bandung.

Suraya, Subagia & Tika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 4.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Shabrina, A. (2018). Memahami Fungsi dan Anatomi Sistem Pencernaan Manusia. Tersedia online. https://hellosehat.com/hidup-sehat/anatomi-sistem-pencernaan/. [20 November 2018. Pukul 13.00 WIB]

Tatang (2012).Ilmu Pendidikan.Pustaka Setia: Bandung

Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana: Jakarta.

Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Published
2019-10-25
How to Cite
Sembiring, A. K., & Deni, D. (2019). PENGARUH THINK PAIR SHARE DISERTAI STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 128-133. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3568
Section
Article
Abstract viewed = 264 times
PDF downloaded = 194 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>