PENGARUH THINK PAIR SHARE DISERTAI STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan November 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen metode the matching only pretest-posttest control group designs, sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Penggumpulan data dilakukan melaui pretest, posttest, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain kelas kontrol 0.54 kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 0.68 kategori sedang. Hasil uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Arikunto, S. (2011).Prosedur Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Handayani, W, C. (2017). Pengaruh Pembelajaran TPS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Volume 4 No 2.
Hamalik.(2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya University Press: Surabaya
Kresnoadi. (2018). Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia. Tersedia online https://blog.ruangguru.com/gangguan-organ-pencernaan-manusia.[10 November 2018. Pukul 10.30 WIB]
Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Matematic Preparation And Conceptual Learning Gains In Physien: A Possible “Hidden Variabel ” In Diagnostic Pretest Score “ American Journal Of Physics. Vol. 70. No 7. Hal 120-137
Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Pustaka belajar: Yogyakarta.
Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah Untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Media Banner. Bioedukasi Jurnal Pendidikan biologi.Vol. 7. No 1.
Sardiman.(2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada Media Jakarta.
Sugiyono.(2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono.(2009) Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta : Bandung.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Remaja. Rosdakarya: Bandung.
Suraya, Subagia & Tika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 4.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.
Shabrina, A. (2018). Memahami Fungsi dan Anatomi Sistem Pencernaan Manusia. Tersedia online. https://hellosehat.com/hidup-sehat/anatomi-sistem-pencernaan/. [20 November 2018. Pukul 13.00 WIB]
Tatang (2012).Ilmu Pendidikan.Pustaka Setia: Bandung
Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana: Jakarta.
Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.