PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.A 2018/2019

  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
  • Marta Dinata Universitas Lancang Kuning
Keywords: Tutor sebaya, standing banner, hasil belajar siswa

Abstract

Pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru membuat siswa tidak mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru sehingga mereka cenderung bertanya kepada temannya. Hal ini menyebabkan permasalahan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII 2 dengan jumlah 36 siswa dan kelas eksperimen VIII 1 dengan jumlah 35 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0.28 kategori rendah dan kelas eksperimen adalah 0.63 kategori sedang. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Tutor Sebayaberbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. RinekaCipta: Jakarta
Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta
Astuti, T. (2011) Pembelajaran [online].Tersedia: http, www. Poojetz.Wordspress. Com// 2011/01/13/analisis-tentang-membangun-pengetahuan-awal-atau-apersepsi-siswa-dalam-kegiatan-pembelajaran/. [20 Desember 2018]
Djamarah, Syaiful, B dan Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta
Dimyati & Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Fraenkel & Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research In Eduacation. Mc.Graw-Hill: Singapore.
Husaini. (2017). Langkah-langkah-metode-pembelajaran-tutor-sebaya. Tersedia Oktober 2018]
Jihad, A & Haris, A. (2010). Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo: Yogyakarta
Jumiati. (2017). Penerapan Metode Diskusi Berbasis Media Standing Banner Terhadap Penguasaan Konsep Pada Mata Kuliah Fisiologi Di Fkip Universitas Lancang Kuning. Pekanbaru : Riau.Jurnal Bio-lectura. Vol. 3.No. 2.
Meltzer, D.E. (2002). The relation ship beetwen mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Jurnal of physic. Vol. 70. No. 12: hal. 1259-1268.
Patmayani, P, K. Wiarta, W, I. & Putra, M. (2017) “Pengaruh Model Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD. Vol. 5. No. 2. Hal 1-10.
Pangerti, B. (2015). “Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam Man Model Sorong”. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Volume 3 Nomor 1.
Rosita, F. (2011). “Penggunaan Media Gambar Banner dan Metode Diskusi untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skirpsi Universitas Jember. Tidak diterbitkan.
Rustaman.(2005).HasilBelajar.Tersedia: http://www.Trinoval.Web.Id/2010/04.PengetahuanAwal.html[15 November 2018]
Sagala, S, (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Alfabeta: Bandung
San. S, Ristiati. Putu, Manik. W. (2013).Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Motivasi Belajar.Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol.3 Tahun 2013.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. alfabeta: Bandung
Susilowati. (2009). Pembelajaran Kelas Rangkap. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. Bumi. Aksara: Jakarta.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20, 2003, SistemPendidikan Nasional. Depdiknas: Jakarta
Wulandari, A. (2010). Metode Penelitian [online]. Tersedia pada http;//www.trinoval.ID/2010/04/jenis-uji statistic.html. [1 Oktober 2018].
Wahyuni, T, N. Utomo, B, S. Masykuri, M. & Paerah. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 6. No. 2. Hal 154-160.
Zubaidal. (2017) Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Edisi Revisi 2017.Tigo Serangkai Pustaka Mandiri: Solo
Published
2019-05-20
How to Cite
Sembiring, A. K., & Dinata, M. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.A 2018/2019. Bio-Lectura, 6(1), 35-46. https://doi.org/10.31849/bl.v6i1.2688
Section
Article
Abstract viewed = 14 times
Al Khudri downloaded = 9 times