PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HABITS OF MIND PADA MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA

  • Marta Dinata Universitas Lancang Kuning
  • Prasetyo Arum Mulyo Universitas Lancang Kuning
Keywords: Mind Mapping, Habits of Mind, Sistem Eksresi Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap penguasaan konsep dan habits of mind siswa pada materi sistem eksresi manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-gain kelas eksperimen 0.56 (sedang) sedangkan kelas kontrol 0.31 (sedang). Dari hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Rerata aktifitas siswa kelas eksperimen pertemuan I 90,38% II 96,15% dan kelas kontrol pertemuan I 58,65%  II 74,03% . Rerata aktifitas guru kelas eksperimen dan kotrol pertemuan I 100% II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem eksresi manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson W., L, & Krathwol, R., D. 2010. Pembelajaran pengajaran dan assasmen, Pustaka pelajar: Yogyakarta.
Arikunto S. 2011. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi aksara: Jakarta.
Buzan T. 2006. Buku pintar mind map untuk anak agar pintar disekolah. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Costa A. L. & Kallick, B. 2009. Learning and Leading with Habits ofMind:16EssentialCharacteristics for success.Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Dahar. 2006. Pengertian Konsep dan Memecahkan masalah. Bumi aksara: Jakarta.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Faidah R, & Nurul, U. 2009. Buku Biologi Untuk SMA kelas XI. Ricardo,C: Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara : Bandung.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia : Bandung.
Hamdani D., Kurniati, E., & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. Vol 10. No 1.
Jensen, E, & Markowitz .2002. Mind Mapping. Pustaka Belajar : Yogyakarta
Lestari, S.,E, & Kristinnah, I.2009. Buku Biologi Untuk SMA kelas XI dan Lingkungannya. Putra Nugraha: Jakarta.
Marita., S.A.R,. Rahman, T, Surakusumah, W.2014. Potensi Habits Of Mind Siswa Pada konsep sistem organ menggunakan metode pratikum dan diskusi. Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung
Marzono. 1992. Dimensi Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Mc. Milan & Schumacher.2001. Penelitian kuasi experimen Control Group Pretest Posstest Design.

Meltzer, D.E.2002. “The Reletionsip between Matematics Preparation and Conceptual Learning Gains in physicn:A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores”. American journal of physics. Vol 70 No 12.

Prasetyo, Faisal Imam. 2012. Pengaruh Penerapan Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Rachmawati, N., S., Widayati S, & Arif P., M.2009. Buku Biologi Untuk SMA/MA kelas XI. Pustaka Ihsan Madani: Jakarta.

Ratnasari, Y.2010. Penerapan strategi SQ3R dan peta konsep dalam pembelajaran fisika ditinjau dari kreativitas siswa. Jurnal pendidikan MIPA. Vol 2. No 1.

Roger & Johnson. 2013. Model – model media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Yrama Widya: Bandung.

Rusman.2013.BelajardanPembelajaran Berbasis Komputer.Alfabeta : Bandung.

Sasmita,. D., Ningsih,. K, Wahyuni, S.K,2015. Pengaruh strategi quantum learning teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi sistem eksresi kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.
Saleh, A.2009. Kreatif Mengajar dengan Mind Map. Tinta Emas Publishing : Bandung.

Slavin, R.,E. 2005. Cooperative learning. Nusa Media: Bandung.

Sriyati, S. 2011. Penerapan Asesmen Formatif Untuk Membentuk Habits Of Mind Mahasiswa Biologi. Sekolah Pascasarjana UPI. Disertasi. Tidak diterbitkan.

Steinkuehler, C. & Duncan, S. 2008. Scientific habits of mind in virtual worlds. J Sci Educ Technol. 17, hlm. 530-543. Tersediadihttp://download.springer.com/static/pdf/479/art%253A10.1007%252Fs1095600891208.pdf?auth66=1419397992_aaefbc2f359a2cb7246ea42d2056f8ed&ext=.pdf. Diakses 21 April 2014.

Suardiantini,P, & Nita.2014. Pengaruh Penerapan Model Pembeajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Divariasikan Dengan Media Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP PGRI 4 Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sugihartono.2007.Metode Habits Of Mind upaya kemampuan anak menyelesaikan masalah dalam dunia nyata. Pusaka Utama: Jakarta.

Sugiyono. 2007. Statistik.Gadjah Mada Press: Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Suprijono, A. 2013. Cooperative learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Trianto, 2012. Model pembelajaran terpadu. Bumi aksara: Jakarta.

Wulandari,A.2010. Metode Penelitian Tersediahttp;//www.Trinoval.Web.Id/2010/04/jenis uji statistik. [16 Januari 2014].
Published
2019-10-25
How to Cite
Dinata, M., & Mulyo, P. A. (2019). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HABITS OF MIND PADA MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA . Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 118-127. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3567
Section
Article
Abstract viewed = 315 times
PDF downloaded = 295 times

Most read articles by the same author(s)