MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA
Abstract
Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan model dan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan pengabdian ini untuk mengimplementasikan 1) Peningkatan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan sekolah menuju Adiwiyata, melalui kegiatan penyuluhan, 2) Memberikan pemahaman cara penilaian sekolah Adiwiyata, 3) Pendampingan selama proses persiapan menuju Adiwiyata di MTs Ummi Fatima Rumbai Pekanbaru. Metode pelaksanaan pengabdian dengan menggunakan kegiatan workshop dengan ceramah dan pendampingan simulasi melalui video dan demonstrasi. Subjek dalam kegiatan ini adalah semua guru dan kepala sekolah MTs Ummi Fatima Rumbai Pekanbaru. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Data dianalisis dengan skala likert. Dari hasil pelatihan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi simulasi model pembelajaran kooperatif melalui media inovatif berbahan 3 R Guru MTS Ummi Fatima dapat meningkatkan dan menambah informasi pengetahuan dan pemahaman kepada guru tentang model pembelajaran kooperatif melalui media inovatif berbahan 3 R, , hal ini dibuktikan dari nilai angket pretest dan Postest mengalami peningkatan serta antusias peserta dalam pelatihan memperlihatkan bahwa pengabdian telah berhasil.
Downloads
References
[2] Heru, S. (2014). Pendidikan. http://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Pendidikan. 15 Desember 2014.
[3] Rahmah, Y.D., Indradi, S.S. dan Riyanto. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata. Jurnal Administrasi Publik, vol. 2 No. 4 : 753-757. Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Pendidikan Nasional.
[4] Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup