PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SUNGAI MANDAU

  • Rahmat Ramadansur Universitas Lancang Kuning
  • Al Khudri Sembiring Universitas Lancang Kuning
  • Marta Dinata Universitas Lancang Kuning
  • Rahmat Kurniawan Universitas Lancang Kuning
Keywords: Alat Peraga Torso, Sistem pernapasan, SMAN 1 Sungai Mandau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran  mengunakan media alat peraga torso  untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMAN 1  Sungai Mandau Siak Tahun Ajaran 2021/2022 pada semester genap bulan  Januari 2022. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, dengan menggunakan desain the matching only pretest posttest control design sample penelitian adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa masing-masing pada kelas eksperimen 31 dan kontrol 27 yang diambil dengan teknik Total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data didalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol  0.25 (rendah), sedangkan pada kelas eksperimen 0.56 (sedang). Hasil uji-t N-Gain didapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan ekspermen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran  mengunakan alat peraga torso pada materi sistem pernapasa sangat efektif dilakukan pada kelas XI SMAN 1 Sungai Mandau Tahun Ajaran 2021/2022

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arifin Zainal. (2009). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja rosdakar.

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad Azhar, (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Press.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran.: Raja Grafindo Persada. Jakarta

Aunurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2008) h.265.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran: Satu Nusa Bandung

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Elina Anita Sibarani, (2014). “Penerapan Metode Diskusi Melalui Media Torso Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa XI IPA SMA N 2 Sorong”. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamzah, Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 121. 5

Kunandar.2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada

Nurbatni. (2005). Alat Peraga. Jakarta: Tarsito.

Pratiwi, Dian., Suwatra., & Suarjana. (2012). Pemanfaatan Media Torso Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 2 Paket Aung Singaraja.

Rustaman, A. 2001. Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand Out Bahan Pelatihan Guru-guru IPA SLTP se Kota Bandung di PPG IPA. Depdiknas.

Sardiman. A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sitepu, B.P., 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali Press

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarwan. D 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV Pustaka Setia: Bandung

Sudjana, N dan Rifai, A. (2007). Media Pengajaran Bandung: Sinar Baru

Sugiharto, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-04-25
How to Cite
Ramadansur, R., Sembiring, A. K., Dinata, M., & Kurniawan, R. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SUNGAI MANDAU . Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 114-128. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9863
Section
Article
Abstract viewed = 1567 times
PDF downloaded = 537 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>