Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi terhadap Kepuasan dalam Membangun Loyalitas (Studi pada Pasien Rawat Jalan Umum di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Kota Pekanbaru)

  • HELWEN HERI
Keywords: Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal

Abstract

Struktur modal merupakan masalah penting bagi perusahaan mana pun karena struktur modal yang baik dan buruk akan berdampak langsung pada posisi keuangan perusahaan. Kesalahan dalam menentukan struktur Modal akan berdampak luas. Apalagi dengan hutang yang sangat besar, akan menempatkan beban berat pada perusahaan karena perusahaan harus menanggung beban yang masih lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Struktur Aset, Perusahaan-CSizte dan Profitabilitas Struktur Modal Pada Perusahaan PharmaceuticaI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu manajemen keuangan, dan sebagai input bagi kepemimpinan perusahaan dalam membuat keputusan terkait dengan struktur aset, ukuran perusahaan, dan profitabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk menguji model hipotesis yang secara statistik, serta sejauh mana model yang diusulkan konsisten dengan sampel data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur aset terbukti mempengaruhi struktur Modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014 periode (2) Ukuran perusahaan dapat mempengaruhi struktur Modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014. (3) profitabilitas menunjukkan pengaruh terhadap struktur Modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014 (4) bersama dengan struktur aset, ukuran perusahaan dan profitabilitas terbukti mempengaruhi struktur modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, G. 2011. Pengaruh Kinerja Pelayanan RS. Islam Ibnu Sina dan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Moderator Terhadap Loyalitas Pasien Pada RS. Islam Ibnu Sina di Sumatera Barat, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.2, No.2p.58.
Ariadi, H. 2005. Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dokter Ditinjau dari Karakteristik dan Mutu Pelayanan Dokter di Instalasi Rawat Jalan RSI Sunan Kudus Tahun 2005, Tesis, Program Pascasarjana, Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang.
Asroel, B. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa di Rumah Sakit A Yani Pekanbaru, Tesis, Program Pascasarjana, Administrasi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Bahia, K., Nantel, J. 2000. A Reliable And Valid Measurement Scale For The Perceived Service Quality Of Banks, International Journal of Bank Marketing, Vol.18, No.2p.84-91.
Barnes. 2003. Dikutip Dalam Griffin. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Terjemahan), Erlangga, Jakarta.
Dalimunthe, R.F., Heldy, B.Z., Yean, P.P. 2008. Analisis Persepsi Pasien Partikulir Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas di Ruang Rawat Inap RS Islam Malahayati Medan Tahun 2007, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.1, No.1p.18-26.
Dewi, G.A. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT BPR Hoki di Kabupaten Tabanan, Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen, Universitas Udayana, Denpasar.
Engel, James. 1990. Satis faction: A Behavioral Perspective on The Consumer
Fornell. C. 1992. A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing. Vol. 56. April, Iss. I pp 6 – 21. Chicago
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, BP UNDIP, Semarang.
Griffin. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Terjemahan), Erlangga, Jakarta.
Gronroos, C. 2001. The perceived service quality concept – a mistake?, Journal of Managing Service Quality, Vol.11, No.3p. 150-152.
Gunawan, H. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis dan Pelayanan Administrasi Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pertamina Cirebon), Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.
Harcahyani, G. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Yang di Moderasi oleh Variabel Nilai (Studi pada Pasien Instalasi Rawat Jalan RSUD Kota Yogyakarta), Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen, Universitas Pembangunan Veteran Nasional, Yogyakarta.
Hurriyati, R. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.
Jacobalis, S. 2000. Kumpulan Tulisan Terpilih Tentang Rumah Sakit Indonesia dalam Dinamika Sejarah, Transformasa, Globalisasi dan Krisis Nasional, Yayasan Penerbit IDI, Jakarta.
Kertajaya, H. 2005. Manajemen Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P., dan Keller, KL. 2007. Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta.
Kotler, Phillip. 2002. ”Manajemen Pemasaran Jilid I (Edisi Bahasa Indonesia)”. Jakarta: PT. Prenhalindo Indonesia
Lupiyoadi, Rambat, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat :Jakarta
Matulessy, A., Zahra, S. 2012. Persepsi terhadap Kualitas Layanan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.1, No.2p.122-129.
Nostib, A. 2013. Hubungan Antara Kepuasan Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Andi Sulthan DG. Radja Kabupaten Bulukumba, Tesis, Program Pascasarjana, Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Oliver, Richard., 1997, Satisfaction : A Behavioral Perspective on The Consumer, The McGraw-Hill Companies, Inc : New York.
Patterson and Smith. 2003. CRM dan Teknologi CRM di Indonesia, Indonesia Infocosm Business Community Journal, Vol.I, No.1p. 10-15.
Puspitasari, M.G., Edris, M. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas dengan Mediasi Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Keluarga Sehat Hospital Pati, Jurnal Analisis Manajemen, Vol.5, No.2p.49.
Putra, I., Katili, P.B., Arina, F. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi dan Kepuasan Pasien dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien, Jurnal Teknik Industri, Vol.1, No.1p.41.
Rangkuti, F. 2002. Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Riduwan., Kuncoro, A.E. 2011. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis, Alpabeta, Bandung.
Ridwan., Sunarto, H. 2007. Pengantar Statistik, Alfabeta, Bandung.
Robbins, S.P. 2006. Organizational Bahavior, Tenth Edition, Alih Bahasa Drs. Benyamin Malan, Perilaku Organisasi, Edisi Kesepuluh, Indeks, Jakarta.
Segoro, W. 2011. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Faktor Penambat dan Kualitas Hubungan Relasional terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan: Suatu Penelitian Pada Penyedia Jasa Telepon Selular di Jawa Barat, Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, Vol.2, No.2p.182.
Sina, H. 2016. 50.000 Warga Pekanbaru Pilih Berobat ke Malaysia, http://www.harnas.co/2016/06/15/50000-warga-pekanbaru-pilih-berobat-ke-malaysia. Juni 2016.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan, UNY Press, Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Sumarni, Murti.2005. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andhi. Salim,A. Abbas.2003. Asuransi dan Manajemen Risiko. Jakarta : Rajawali
Sunaryo, 2004. Psikologi Untuk Keperawatan, EGC, Jakarta.
Thoha, M. 2005. Perilaku Organisasi, Konsep dasar dan Aplikasinya, Raja Garfindo Persada, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Cetakan ketiga. Penerbit Andi: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Cetakan ketiga. Penerbit Andi: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Cetakan ketiga. Penerbit Andi: Yogyakarta (Lupiyoadi dan Hamdani, 2006:I82).
Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.
Tse. O.K., dan P.e. Wilton. 1988. "Models of Consumer Satisfaction Formation: AnExtention". Journal of Marketing Research. Vol. 25. May.
Veitch, R. dan D. Arkkelin (1995) Environmental Psychology: An Interdisciplinary Perspective , New Jersey: Prentices Hall
Published
2020-06-23
How to Cite
HERI, H. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi terhadap Kepuasan dalam Membangun Loyalitas (Studi pada Pasien Rawat Jalan Umum di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Kota Pekanbaru). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 53-67. https://doi.org/10.31849/jmbt.v1i1.4324
Abstract viewed = 388 times
PDF downloaded = 730 times